Liga Spanyol

Ansu Fati Resmi Tinggalkan Barcelona dalam Waktu Dekat

Jumat, 27 September 2019 14:39 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Caparros/Getty Images
Ansu Fati dikabarkan akan segera meninggalkan Barcelona pada Oktober mendatang untuk mengikuti Piala Dunia U-17 2019 bersama Timnas Spanyol. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Ansu Fati dikabarkan akan segera meninggalkan Barcelona pada Oktober mendatang untuk mengikuti Piala Dunia U-17 2019 bersama Timnas Spanyol.

INDOSPORT.COMAnsu Fati dikabarkan akan segera meninggalkan Barcelona pada Oktober mendatang. Wonderkid kelahiran Guinea-Bissau ini akan bergabung bersama Timnas Spanyol untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-17 2019 di Brazil.

Dilansir dari situs Football Espana, pemuda berusia 16 tahun ini dipastikan bisa membela Spanyol di ajang internasional. Pasalnya, induk federasi sepak bola Spanyol (RFEF) menjamin bahwa persiapan kelengkapan dan dokumen sang pemain telah diproses.

Spanyol berhasil melangkahi Portugal yang juga berencana untuk memberikan paspor kepada Ansu Fati. Namun, berhubung sang pemain sudah berada di Spanyol sejak kecil, Negeri Matador mendapatkan kemudahan untuk mengamankan sang pemain.

Keikutsertaan Ansu Fati di ajang Piala Dunia U-17 2019 ini membawa pro dan kontra. Salah satu yang mendukung langkah ini ialah pelatih kepala Timnas Spanyol, Robert Moreno. Robert sendiri senang usai melihat performa sang pemain di Blaugrana.

“Para pengurus di RFEF sedang mengambil langkah untuk memberikan paspor kepada Ansu Fati. Federasi akan bekerja untuk mengamankan pemain terbaik. Ansu sangat menikmati bermain untuk Barca dan saya berharap yang sama untuk Spanyol,” ucap Moreno.

Di sisi lain, Barcelona dan Timnas Spanyol U-21 menjadi pihak yang menyangsikan keikutsertaannya di Piala Dunia U-17. Barcelona mau tidak mau harus kehilangan Ansu Fati, yang mulai nyetel dengan permainan Blaugrana, selama lima pekan.

Selain itu, Timnas Spanyol U-21 juga tak puas akan hal ini. Mereka berencana membawa Ansu Fati untuk mengikuti ajang Olimpiade 2020 tahun depan. Masuknya sang pemain di tim U-17 dinilai tidak akan membawa dampak perkembangan apa pun.

Ansu Fati sendiri merupakan jebolan La Masia yang langsung menggebrak di ajang LaLiga Spanyol. Sejauh ini, pemain kelahiran 31 Oktober 2002 itu telah mencetak dua gol dan satu assist dalam lima pertandingan.