Liga Indonesia

Sah! Otavio Dutra Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

Jumat, 27 September 2019 16:49 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto, Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Timur, Jumat (27/09/19).

Kakanwil Kemenkumham, Susy Sulistiawati, menyebut proses naturalisasi Dutra terbilang cepat. Hal itu tidak lepas dari kepentingan negara untuk membela timnas Indonesia.

“(Naturalisasi) dia (Dutra) masuk di jalur prestasi, karena ada beberapa hal yang bisa menjadi warga negara (Indonesia), dan yang bersangkutan adalah berdasarkan prestasi.”

“Tidak terlalu lama ya, karena ini untuk membela kepentingan negara juga, maka prosesnya relatif cepat,” ujar Susy kepada awak media olahraga.

Setelah diambil sumpahnya, Dutra sudah bisa langsung membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) kurang lebih dalam 14 hari untuk setelahnya mengurus paspor.

Sementara itu, Dutra mengucapkan terima kasih atas dukungan pecinta sepak bola Indonesia selama ini. Ia juga mengaku masih tegang usai menjalani sumpah.

“Ini lebih susah daripada main di lapangan dengan 70 ribu suporter. Puji Tuhan sudah selesai, tapi saya hari ini harus berangkat pertandingan lawan Barito,” kata Dutra.

Dutra berharap proses pencatatan sipilnya berjalan cepat agar dapat langsung membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Selain dapat membela Timnas Indonesia, Dutra juga akan tampil bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 dengan status pemain lokal.

2