In-depth

Lebih Apik dari Andik, Wawan Febrianto Layak Jadi Starter di Timnas?

Sabtu, 28 September 2019 19:53 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Wikimedia/INDOSPORT
Wawan Febrianto secara statistik lebih baik ketimbang Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, Saddil Ramdani dan Dendi Santoso. Copyright: © Wikimedia/INDOSPORT
Wawan Febrianto secara statistik lebih baik ketimbang Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, Saddil Ramdani dan Dendi Santoso.

INDOSPORT.COM – Pemain andalan Tira Persikabo, Wawan Febrianto akhirnya masuk dalam 25 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti yang sudah diketahui, pelatih Simon McMenemy telah memangil 25 pemain ke dalam skuat Timnas Indonesia pada Kamis (26/09/19).

Wawan Febrianto menjadi salah satu pemain debutan yang diberikan kesempatan untuk bergabung bersama Beto Goncalves dan kawan-kawan.

Selain Wawan Febrianto, Simon juga memasukkan nama pemain yang belum pernah membela Timnas Indonesia senior, yakni Wawan Hendrawan dan Dendi Santoso.

Wawan Febrianto sendiri dipanggil setelah tampil sangat gemilang bersama Tira Persikabo di Liga 1 2019. Pasalnya, ia menjadi pilar utama yang membantu tim masuk ke papan atas klasemen sementara.

Nantinya, Wawan Febrianto akan bersaing bersama empat winger lainnya, yakni Andik Vermansah, Saddil Ramdani, Dendi Santoso, dan Riko Simanjuntak.

Jika melihat statistik permainan, Wawan Febrianto nyatanya masih lebih baik ketimbang pemain sayap Timnas Indonesia lainnya.

Pemain yang masih berusia 25 tahun tersebut berhasil mengoleksi 7 gol dan 7 assists dari 21 pertandingan di kompetisi Liga 1 2019.

© officialpersikabo
Wawan Febrianto saat melakukan selebrasi melawan Persipura Jayapura. Copyright: officialpersikaboWawan Febrianto saat melakukan selebrasi melawan Persipura Jayapura.

Catatan itu nyatanya lebih baik ketimbang Andik, yang hanya mampu mengemas 2 gol dan 3 assists dari 14 laga Liga 1 musim ini bersama Madura United.

Bila dibandingkan dengan Saddil Ramdani, Wawan Febrianto juga lebih unggul. Pemain Pahang FA ini baru mengoleksi masing-masing satu gol dan assist dari delapan laga di Liga Malaysia.

Riko Simanjuntak menjadi pemain yang bisa menandingi catatan assist Wawan Febrianto, yakni 7. Sayangnya, bintang Persija Jakarta itu belum mampu mencetak gol dari 18 laga Liga 1 2019.

Sementara itu, sesama pemain debutan Timnas Indonesia, Dendi Santoso, juga belum mampu menandingi statistik Wawan Febrianto.

Sepanjang kompetisi Liga 1 2019 ini, pemain Arema FC tersebut hanya mampu membubukan 3 gol dan 3 assists dari 17 pertandingan.

Situasi ini pun memungkinkan jika Wawan Febrianto untuk dimainkan sebagai starter saat Timnas Indonesia menghadapi Uni Emirate Arab (10 Oktober) dan Vietnam (15 Oktober).

Meski begitu, keputusan sepenuhnya ada di tangan pelatih Simon. Karena hanya mantan juru taktik Bhayangkara FC tersebut yang mengetahui siapa yang pantas menjadi starter.