In-depth

Menanti Peran Debutan Duo Wawan di Skuat Timnas Indonesia

Jumat, 27 September 2019 19:51 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Wikimedia/Balifootball
Wawan Febrianto vs Wawan Hendrawan di Timnas Indonesia. Copyright: © Wikimedia/Balifootball
Wawan Febrianto vs Wawan Hendrawan di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pelatih Simon McMenemy telah memanggil beberapa wajah baru di skuat Timnas Indonesia untuk menjalani ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Salah satu pemain yang belum pernah tampil di Timnas Indonesia senior adalah duo Wawan, yakni Wawan Hendrawan dan Wawan Febrianto.

Wawan Hendrawan dipercaya untuk menjalani pemusatan latihan bersama skuat Timnas Indonesia setelah tampil apik bersama Bali United di Liga 1 2019.

Mantan kiper Persita Tangerang dan Deltras Sidoarjo tersebut selalu menjadi pilihan utama untuk berdiri di bawah mistar gawang Bali United di Liga 1 2019.

Penjaga gawang yang saat ini telah berusia 36 tahun tersebut berhasil menjadikan Bali United sebagai klub yang paling sedikit kebobolan, yakni 12 gol.

Wawan Hendrawan pun mencatatkan clean sheets 9 kali dari 19 pertandingan. Catatan itu membuatnya patut dicoba untuk menjaga gawang Tim Garuda.

Catatan tersebut nyatanya mampu lebih baik ketimbang penjaga gawang andalan Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa. Karena ia hanya mampu menorehkan 3 kali clean sheets.

Penjaga gawang utama Persija Jakarta tersebut hanya kebobolan 11 kali dari 11 pertandingan sejak awal musim Liga 1 2019.

Meski jumlah kebobolan Andritany lebih sedikit, namun jumlah pertandingan Wawan Hendrawan lebih banyak, yakni 19 kali.

Dengan catatan yang lebih baik ketimbang kapten Timnas Indonesia tersebut, tentunya membuat publik penasaran dengan penampilan Wawan Hendrawan.

Apalagi, sejumlah pihak sempat meragukan penampilan Andritany dalam dua terakhir. Oleh karena itu, ini merupakan momen yang tepat untuk Wawan Hendrawan membuktikan diri.

© officialpersikabo
Wawan Febrianto saat melakukan selebrasi melawan Persipura Jayapura. Copyright: officialpersikaboWawan Febrianto saat melakukan selebrasi melawan Persipura Jayapura.

Selain itu, Wawan Febrianto juga menjadi salah satu pemain yang dipilih karena penampilannya sangat gemilang di kompetisi Liga 1 2019 ini.

Pemain berusia 25 tahun tersebut berperan penting dalam membantu Tira Persikabo ke papan atas klasemen sementara Liga 1 2019 (peringkat ke-2).

Wawan Febrianto selalu menjadi pilihan utama pelatih Rahmad Darmawan sejak awal musim ini. Ia juga mampu mencatatkan 7 gol dan 7 assists dari 21 pertandingan.

Mantan pemain Pelita Bandung Raya tersebut nyatanya mampu menorehkan assist terbanyak kedua di Liga 1 2019 bersama Sylvano Comvalius, Makan Konate dan Ciro Alves.

Ia juga memiliki keberanian dalam melepaskan tembakan langsung. Menurut laporan situs resmi Liga Indonesia, dirinya mampu menorehkan 15 shots on target dari 31 percobaan.

Dengan catatan tersebut, Wawan Febrianto bisa menjadi opsi yang baik untuk mengisi lini sayap Timnas Indonesia. Terlebih ia juga memiliki kecepatan dan keberanian menguasai bola.

Meski nama Wawan Febrianto dan Wawan Hendrawan tak setenar Andritany dan Febri Hariyadi, namun duo Wawan ini patut ditunggu penampilannya.

Karena mereka merupakan salah satu pemain yang dipanggil karena kegemilangannya di Liga 1 2019, bukan karena ketenaran dan pengalamannya di Timnas Indonesia.