Liga Indonesia

PSM Makassar Si Jago Kandang tapi Melempem di Tandang

Sabtu, 28 September 2019 20:20 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
PSM Makassar tercatat belum pernah memenangkan laga tandang di Shopee Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
PSM Makassar tercatat belum pernah memenangkan laga tandang di Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM- PSM Makassar harus kembali menerima kekalahan keduanya secara beruntun saat bertandang ke markas Persipura Jayapura, Jumat (27/09/19). Kekalahan tersebut kian memantapkan julukan Juku Eja sebagai "Tim Jago Kandang".

Berhadapan dengan Mutiara Hitam di Gelora Delta, Sidoarjo, anak asuh Darije Kalezic, tak kuasa menahan gempuran Titus Bonai cs sepanjang 90 menit waktu normal berjalan.

Skor akhir 3-1 pun menutup laga tersebut, sekaligus memberikan kekalahan kedua secara beruntun untuk PSM, setelah pada laga sebelumnya mereka juga dikalahkan oleh Semen Padang dengan skor tipis 2-1 di markas Kabau Sirah, Stadion H. Agus Salim.

Dua kekalahan itu, nyatanya membuat PSM semakin lekat dengan julukan "Tim Jago Kandang" di Shopee Liga 1 2019., di mana julukan tersebut tercipta bukan tanpa sebab.

Menilik catatan pada musim ini, PSM sejatinya memang belum pernah meraih satupun kemenangan saat menjalani laga tandang. 

Dari sembilan pertandingan, Juku Eja hanya mampu meraih tiga hasil seri saja sebagai catatan terbaiknya. Sisanya, berakhir dengan kekalahan.

Coba bandingkan dengan catatan saat bermain di kandang, Stadion Andi Mattalata. Delapan kemenangan, dan baru sekali kalah dari sembilan laga semakin menguatkan julukan "Jago Kandang".

Menariknya, bila melihat catatan PSM pada musim 2018, julukan ini rasanya memang cocok untuk diberikan kepada Juku Eja.

Bagaimana tidak, dari tujuh kekalahan yang dialami PSM pada musim tersebut, enam diantaranya tercipta saat PSM melakoni laga tandang. 

Begitupula dengan hasil seri. tujuh dari sepuluh hasil imbang PSM pada musim 2018 terjadi saat bermain di luar kandang.

Catatan tersebut juga terjadi pada musim 2017. Sepanjang musim tersebut, tujuh hasil seri, serta tujuh kekalahan dan hanya mampu meraih empat kemenangan dari 17 laga menjadi catatan PSM di akhir musim.

Lantas, dengan catatan tersebut, apakah kalian setuju dengan julukan PSM Makassar sebagai tim jago kandang?