Liga Inggris

Dituding Rasial Stereotipe, Bintang Manchester City Kirim Surat ke FA Inggris

Sabtu, 28 September 2019 15:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Catherine Ivill / Getty Images
Bernardo Silva melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Man United pada menit ke-54' di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill / Getty Images Copyright: © Catherine Ivill / Getty Images
Bernardo Silva melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Man United pada menit ke-54' di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill / Getty Images

INDOSPORT.COM - Bintang Manchester City, Bernardo Silva, mengirim surat pribadi kepada Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) setelah dianggap menyinggung isu rasisme lewat unggahan di jejaring sosial Twitter yang melibatkan rekan setimnya, Benjamin Mendy.

Perlu diketahui, Silva dituding melakukan pelecehan rasial saat mengunggah gambar di akun Twitter pribadinya, Minggu (22/9/19), yang menyamakan Mendy dengan karakter di sebuah merek permen ‘Conguitos’. Permen ini beredar sangat populer di Spanyol dan Portugal.

Unggahan gambar tersebut membuat gelandang 25 tahun itu terancam didakwa dan dihukum larangan tampil di enam pertandingan Liga Inggris oleh FA Inggris.

Dilansir dari laman ESPN, pada surat yang ditulis Kamis (27/09/19) kemarin, Bernardo Silva mengatakan kepada FA Inggris bahwa dirinya sangat menyesal atas unggahan berbau kontroversial di kalangan sepak bola.

Sebelumnya, Benjamin Mendy, selaku sahabat karib Silva juga telah mengirim surat kepada FA untuk mendukung bintang asal Portugal itu agar tidak dikenai hukuman.

Dukungan juga diberikan oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu mengklaim postingan Silva hanya bermanksud bercanda dan dan akan terus membela pemainnya.

“Mengenai Bernardo sangat jelas. Jika mereka (FA Inggris) percaya bahwa Silva adalah tipe pemain rasis, mereka sepenuhnya salah. Mereka menilainya dari satu lelucon, saya menilainya setiap hari dan bagaimana dia. Kami menilai niatnya dan saya tahu niat Silva hanya bercanda,” cetus Guardiola

“Jika ada orang yang tersinggung saya bisa memahaminya. Silva mungkin akan memetik pelajaran dan tidak akan mengulanginya lagi,” tandasnya.

Dalam penyelidikannya, FA Inggris juga menelusuri deretan aktivitas Bernardo Silva di Instagram sejak 2018 silam. Salah satu unggahan tersebut ketika Silva membuat rekaman video bersama Benjamin Mendy.

Manchester City saat ini menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan 13 poin, lima poin di belakang sang pemuncak Liverpool.

Mereka akan melanjutkan ajang Liga Inggris pekan ke-7 dengan melawan ke kandang Everton di Stadion Goodison Park pada Sabtu (28/9/19) nanti malam WIB.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%