In-depth

Melihat Statistik Terbaru Ibba Laajab, Striker Kelas Eropa yang Dikaitkan ke Persija

Minggu, 29 September 2019 15:18 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© https://www.telen.no
Persija Jakarta dan Ibba Laajab Copyright: © https://www.telen.no
Persija Jakarta dan Ibba Laajab

INDOSPORT.COM - Striker asal Norwegia, Ibba Laajab yang mengaku siap ke Persija Jakarta ternyata punya statistik terbaru yang sangat moncer bersama Yokohama FC di Liga 2 Jepang.

Rumor tersebut tidak lepas dari kabar yang menyebut mantan pelatihnya di Yokohama FC, Edson Tavares, bakal melatih Persija Jakarta di sisa kompetisi Liga 1 2019.

Ibba Laajab antusias mendengar kabar akan bergabungnya Edson Tavares ke Persija Jakarta. Ia bahkan menyatakan ketertarikannya untuk merumput di Indonesia.

"Saya bebas transfer setelah musim ini, jika semuanya berjalan baik mungkin itu akan terjadi (gabung Persija). Insya Allah," ucap Ibba Laajab kepada redaksi INDOSPORT.com.

Pemain berusia 34 tahun itu bisa dibilang merupakan striker kelas Eropa. Malang melintang di negara kelahirannya, Norwegia, Ibba Laajab juga pernah gabung klub raksasa Bundesliga, Borussia Monchengladbach pada tahun 2006 silam.

Jika memang ingin mendatangkan Ibba, Persija tentu tak perlu mengeluarkan biaya transfer. Karena menurut pengakuan sang pemain, kontraknya bersama Yokohama akan selesai pada akhir musim Liga 2 Jepang.

Tapi tetap saja, melihat dari nilai pasar Ibba yang mencapai 1 juta euro atau sekitar Rp16 miliar. Tentunya gaji sang pemain tak kecil, Persija harus mempersiapkan dana yang besar jika nantinya Edson Tavares ingin memboyong sang striker.

Ya, di luar sana memang sangat wajar pelatih yang pindah mengajak beberapa pemain kesayangannya yang dirasa mampu untuk membantunya di klub yang baru. Mungkin hal itu berpeluang dilakukan oleh Edson Tavares di Persija.

Dan salah satu pemain yang bisa didatangkan oleh Edson Tavares ke Persija Jakarta adalah Ibba Laajab, striker yang ternyata menjadi andalan sang pelatih di Yokohama FC dalam beberapa musim terakhir, termasuk Liga 2 Jepang musim ini.

Statistik Terbaru Ibba Laajab, Bikin Jakmania Tergiur

© Masashi Hara/Getty Images
Ibba Laajab dan logo Persija Jakarta Copyright: Masashi Hara/Getty ImagesIbba Laajab dan logo Persija Jakarta

Ya, INDOSPORT akan membahas statistik terbaru yang dicatatkan oleh Ibba Laajab bersama Yokohama FC di Liga 2 Jepang musim 2019 ini.

Dari 34 pertandingan yang sudah dilakoni Yokohama FC di Liga 2 Jepang musim ini, Ibba sudah dimainkan sebanyak 30 kali dan torehan golnya juga sangat mentereng dan membuat Jakmania tergiur.

Menurut Transfermarkt, Ibba sudah mencetak 16 gol untuk Yokohama FC yang kini bertengger di urutan kelima klasemen sementara Liga 2 Jepang.

Ibba Laajab juga tak hanya mencetak gol untuk Yokohama FC, tapi dia juga tercatat memberikan dua assist untuk rekan-rekan setimnya juga membuat gol. 

Tapi Ibba juga punya sedikit minus dalam statistik terbarunya di musim 2019 bersama Yokohama FC. Hal tersebut adalah sikap indisipliner, bahkan dia sempat mendapat larangan bermain karena akumulasi empat kartu kuning pada tanggal 15 Juni 2019 lalu.

Tidak hanya torehan gol dan sikap indisipliner, satu fakta yang bisa kita lihat dari statistik terbaru Ibba Laajab adalah faktor usia yang memang tak pernah kenal kata bohong.

Ibba Laajab sangat jarang bermain penuh selama 90 menit penuh satu pertandingan. Dari 30 penampilan, hanya 7 kali dia tampil penuh satu pertandingan, selebihnya selalu diganti atau masuk sebagai pemain cadangan.

Jika bergabung dengan Persija Jakarta untuk Liga 1 2020 mendatang, usia Ibba akan memasuki 35 tahun. Dia sudah sangat tua, sedangkan Jakmania kini memiliki striker favorit mereka, yaitu Marko Simic yang baru berusia 31 tahun.

Tentu saja, akan sangat sulit jika melihat dua striker asing di klub Liga 1 Indonesia. Atau Jakmania dan Persija bakal memilih, antara Simic atau Ibba Laajab?