Liga Indonesia

PSSI Beri Jawaban Soal Proses Naturalisasi Sandy Walsh

Senin, 30 September 2019 17:03 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air.

INDOSPORT.COM - Pihak PSSI akhirnya memberi jawaban atas proses naturalisasi yang tengah dijalani oleh pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh.

Proses terbaru naturalisasi Sandy Walsh diutarakan oleh Seskemenpora Gatot S. Dewa Broto melalui akun media sosial Twitter pribadinya, Jumat (27/09/19).

Kala itu Seskemenpora menyampaikan selamat atas bek Persebaya Otavio Dutra yang telah diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Tak lama berselang, ada salah seorang netizen yang menanyakan bagaimana kabar proses naturalisasi Marc Klok, Sandy Walsh, hingga masalah Ezra Walian.

"Klok semoga segera menyusul. Sedangkan Sandy (Walsh), usulan dari PSSI nggak ada. Ezra (Walian) hanya PSSI yang bisa mengatasi masalahnya dengan FIFA, Mas @hmerdianto," jawab akun @gsdewabroto.

Mengetahui hal tersebut, Direktur Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo memberikan jawaban akan proses naturalisasi Sandy Walsh.

"Bahwa PSSI itu tidak pernah menjalankan lagi program naturalisasi. Jadi ini harus digaris bawahi dulu," kata Gatot saat dihubungi INDOSPORT.com, Senin (30/9/19).

Lebih lanjut Gatot Widakdo menjelaskan kalau ingin naturalisasi mesti dari pemain dan klubnya yang berupaya dalam perpindahan warga negara.

"PSSI membantu saja secara administrasinya apa yang harus dilengkapi," jelas Gatot.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepala Humas dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTDirektur Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo.

Lebih lanjut dirinya juga menyayangkan kepada publik yang masih sering menyalahartikan kalau PSSI sering menaturalisasi pemain asing.

"Lho, kami tidak punya program (naturalisasi). Naturalisasi itu memang hak pemain. Maka kami bantu saja secara administrasi," papar Gatot.

Sekadar informasi, Sandy Walsh memiliki darah Indonesia melalui sang ibu Brigitta Portier, yang dilahirkan oleh orang tua asal Indoensia.