Liga Indonesia

Striker Brasil Cetak Gol Sundulan Terbanyak di Liga 1, Terima Kasih Rizky Pora

Senin, 30 September 2019 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© psbaritoputeraofficial
Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan. Copyright: © psbaritoputeraofficial
Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan.

INDOSPORT.COM - Rekor fantastis ditorehkan legiun asing asal Brasil yang merumput di kompetisi Shopee Liga 1 2019, yakni Rafael da Silva. Striker milik Barito Putera itu mencatat rekor gol sundulan terbanyak di Shopee Liga 1 2019 hingga pekan ke-21, yakni tujuh.

Rafael da Silva sendiri setidaknya sudah melesakkan 10 gol plus satu assist sepanjang gelaran Liga 1 2019. Menariknya, tujuh gol tersebut berawal dari sundulan dan enam di antaranya merupakan kolaborasi apik bersama Rizky Rizaldi Pora.

Ya, Rizky Pora kini memimpin dalam daftar top assist Liga 1 pekan ke-21 (9) dan enam di antaranya berhasil diteruskan menjadi gol oleh Rafael Silva. Statistik itu tak pelak membuat Rafael memuji kemampuan sang kapten Barito Putera tersebut.

“Saya senang bisa mencetak banyak gol, terlepas dari caranya, baik tendangan maupun sundulan. Terima kasih kepada teman saya Rizky Pora atas bantuannya,” ungkap Rafael kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via aplikasi pesan singkat Whatsapp, Minggu (29/9/19).

“Teman saya, Rizky Pora adalah pemain hebat. Saya percaya dia adalah pemberi assist terbaik di Liga 1. Dia sangat pintar, dia sudah tahu di mana saya membutuhkan bola,” tambah Rafael lagi.

Sayangnya, insiden yang melibatkan Rizky Pora dengan Bayu Gatra saat Barito Putera bersua PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Agustus lalu, berujung pencoretan nama gelandang berusia 29 tahun itu di skuat timnas Indonesia.

Hingga kini, Rizky Pora belum mendapat panggilan lagi untuk memperkuat timnas di bawah arahan pelatih Simon McMenemy, menjelang lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab (10 Oktober) dan Vietnam (15 Oktober).