Bola Internasional

Miris! Dipinjam Klub Belanda, Pemain Muda Chelsea ini Belum Terima Gaji

Selasa, 1 Oktober 2019 16:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Ike Ugbo, pemain Chelsea yang kini dipinjamkan ke klub kasta kedua Belanda, Roda JC. Copyright: © Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Ike Ugbo, pemain Chelsea yang kini dipinjamkan ke klub kasta kedua Belanda, Roda JC.

INDOSPORT.COM – Pemain muda Chelsea, Ike Ugbo, yang dipinjamkan ke klub Liga Belanda, Roda JC, belum menerima gajinya bulan September lantaran keterbatasan anggaran klub.

Dilansir dari Talk Sport, mantan klub Eredivisie Belanda tersebut menggunakan seluruh gaji Ugbo untuk dibagikan kepada para pemain lain. Akibatnya, Ugbo tidak menerima bayaran sepeser pun selama satu bulan.

Penyerang 21 tahun itu sendiri diketahui mengantongi gaji sebesar 38 ribu pounds (Rp663 miliar) per bulannya, sepuluh kali lipat dibandingkan rekan satu timnya.

Staf pelatih Roda JC berpikir lebih baik tidak menggaji satu pemain (Ugbo) daripada membuat para pemain marah karena terlambat menerima gaji.

Situasi yang dihadapi Ugbo bisa dibilang sungguh miris. Pasalnya, dia telah mencetak empat gol dalam tujuh pertandingan kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie. Namun, Roda sendiri baru memenangkan satu laga dari delapan pertandingan awal musim ini.

Masalah pembayaran gaji pemain Roda JC ini berawal dari protes para pendukung terhadap investor klub asal Meksiko, Mauricio Garcia de la Vega, yang hendak mengambil klub musim panas lalu.

Garcia de la Vega berniat mengambil alih klub yang hampir bangkrut tersebut dari investor yang kini terbaring sakit, Fritz Schrouff. Namun, pengambilalihan klub ini tidak banyak membantu mengurangi defisit anggaran hingga 885 ribu pounds atau Rp15 miliar.

Garcia de la Vega sendiri berjanji jika dirinya resmi menjadi investor klub, dia akan membantu melunasi utang-utang klub, termasuk memberesi gaji pemain. Namun, pendukung tampaknya tidak percaya.

Pasalnya, De la Vega memiliki riwayat kegagalan saat dia mencoba mengambil alih klub asal Spanyol, Real Murcia. Kegagalan ini disebabkan De la Vega tidak mampu menunjukkan bukti kepemilikan dana.

Kemarahan pendukung memuncak saat Roda JC menghadapi De Grafshap pada Jumat lalu. Wali kota dan polisi setempat akhirnya menyarankan Garcia De la Vega tidak menghadiri laga kandang di Stadion Parkstad Limburg ini.

Ike Ugbo sendiri merupakan pemain Chelsea sejak 2017 silam. Namun, dia banyak berkelana ke sejumlah klub sebagai pinjaman, mulai dari Barnsley, Milton Keynes Dons, Scunthorpe United, dan Roda JC.