Liga Indonesia

Persamaan Sepak Bola Indonesia dengan Brasil di Mata Legenda Galatama

Kamis, 3 Oktober 2019 13:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Dok. Pribadi
Jairo Matos memberikan pandangan persamaan sepak bola Indonesia dengan Brasil. Copyright: © Dok. Pribadi
Jairo Matos memberikan pandangan persamaan sepak bola Indonesia dengan Brasil.

INDOSPORT.COM – Salah satu legenda kompetisi Galatama, Jairo Matos, memberikan pandangannya soal persamaan jagat sepak bola Indonesia dengan Brasil.

Menurutnya, sepak bola Indonesia dan Brasil hampir mirip. Kemiripan itu muncul dari besarnya antusias penonton atau suporter.

Masyarakat Brasil dan Indonesia memang cukup menggilai olahraga sepak bola, hingga tak jarang dari mereka selalu memenuhi isi stadion saat tim kesayangannya bermain.

“Penonton Indonesia sangat antusias hingga 50.000-70.000. Suasana seperti sama seperti di Brasil. Tidak ada bedanya,” kata Jairo Matos kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, perbedaannya ada dalam skill individu yang dimiliki sang pemain. Hal itu memang terbilang wajar mengingat Brasil merupakan dewanya sepak bola.

“Saat itu hampir mirip, meskipun secara teknik dan kemampuan agak jauh berbeda, tetap ada pemain-pemain yang berkualitas di Indonesia,” lanjut Jairo Matos.

Jairo sendiri merupakan pemain Brasil pertama di jagat sepak bola Indonesia yang didatangkan oleh klub Galatama, yakni Pardedetex.

Saat itu dirinya mampu tampil gemilang bersama Pardedetex hingga akhirnya banyak pihak yang meminta dirinya untuk dinaturalisasi.