Liga Indonesia

Jairo Matos Beberkan Alasan Perkembangan Sepak Bola Indonesia Lamban

Jumat, 4 Oktober 2019 15:02 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Dok. Pribadi
Jairo Matos memberikan pandangannya soal lambannya perkembangan sepak bola tanah air. Copyright: © Dok. Pribadi
Jairo Matos memberikan pandangannya soal lambannya perkembangan sepak bola tanah air.

INDOSPORT.COM – Pemain asing pertama di persepakbolaan Indonesia, Jairo Matos memberikan pandangannya soal lambannya perkembangan sepak bola tanah air.

Mantan pemain Pardedetex tersebut menyebutkan bahwa salah satu alasan lambannya perkembangan sepak bola Indonesia adalah dilarangnya pemain asing di Liga Galatama.

Sekedar informasi, Liga Galatam era 1983 atau 1984, kepengurusan sepak bola Indonesia memberikan aturan bahwa tidak diperbolehkan adanya sosok pemain asing.

Menurut Jairo Matos, atas dasar itulah mengapa persepakbolaan Indonesia sempat tertidur sejenak dan sedikit lamban berkembang.

“Sekitar tahun 1983 atau 1984, pemain asing tidak disahkan bermain di Indonesia lagi, makanya saya pulang saat itu,” ujarnya kepada INDOSPORT.

“Sayangnya, saat itu saya tidak tahu alasannya apa, pemain asing tidak diperbolehkan, habis sepak bola Galatama. Itu menurut saya alasan mengapa sepak bola Indonesia sempat tertidur dan lamban berkembangnya,” tutupnya.

Kini, sepak bola Indonesia mulai mencoba untuk membenahi sepak bola dengan cukup apik. Sejumlah pembinaan muda pun mulai diterapkan oleh PSSI beberapa tahun ke belakang.

Beberapa program yang dilakukan PSSI dalam beberapa tahun ke belakang pun semoga saja dapat mempengaruhi perkembangan sepak bola Indonesia di masa mendatang.