Liga Indonesia

Pemain Brasil Pertama di Indonesia dan Kisahnya Soal Naturalisasi

Jumat, 4 Oktober 2019 12:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Dok. Pribadi
Jairo Matos dan kisahnya soal naturalisasi. Copyright: © Dok. Pribadi
Jairo Matos dan kisahnya soal naturalisasi.

INDOSPORT.COM – Pemain Brasil pertama di jagat sepak bola Indonesia, Jairo Matos, memiliki kisah unik berkaitan dengan naturalisasi.

Jairo sendiri merupakan pemain Brasil pertama di Indonesia yang didatangkan oleh salah satu klub asal Medan, yakni Pardedetex.

Jairo Matos didatangkan Pardedetex ketika klub tersebut bersaing di kompetisi Galatama. Pardedetex saat itu tertarik dengan permainan Jairo dan akhirnya memberikan tawaran bermain di Indonesia.

Karena terkejut dengan fanatisme suporter Indonesia, Jairo pun menerima tawaran yang diberikan Pardetetex saat itu. Dirinya bahkan sangat bersinar pada era 1970-an.

Karena kegemilangannya tersebut, banyak publik yang meminta Jairo untuk pindah warga negara menjadi WNI atau dinaturalisasi.

Namun saat itu pria yang saat ini memiliki keluarga di Indonesia tersebut masih belum berniat melepaskan warga negara Brasil miliknya.

“Saat itu, tahun 1978 atau 1979 siapa pun meminta saya untuk pindah warga negara. Saya rasa itu tidak cocok dengan saya,” ujarnya kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Meski menolak di naturalisasi, bukan berarti Jairo tidak mencintai Indonesia. Dirinya mengaku cinta dengan Indonesia, dan akan siap menjadi WNI kapan saja.

“Walaupun saya cinta dan memiliki keluarga di Indonesia, saya tetap masih orang Brasil. Tapi jika suatu saat saya diharuskan pindah warga negara, saya tidak akan keberatan,” lanjutnya.