Liga Indonesia

Terkait FIFA Matchday, Ini Tanggapan Pelatih Persebaya Surabaya

Minggu, 6 Oktober 2019 05:54 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal saat memimpin latihan Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal saat memimpin latihan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal menanggapi pertandingan kualifikasi piala dunia 2022 nanti di Qatar. Antara Uni Emirat Arab vs Indonesia pada Kamis (10/10/19) nanti. 

Menurutnya saat FIFA Matchday itu kompetisi Shopee Liga 1 2019 sebaiknya dihentikan terlebih dahulu.

"Kalau saya melihat jadwal Timnas Indonesia sebaiknya kompetisi liga berhenti," kata Wolfgang Pikal usai memimpin latihan Persebaya pada Kamis (3/10/19).

"Kasian klubnya, bisa rugi karena mereka sudah berusaha mendatangkan pemain bagus tapi tidak bisa dipakai sama timnya itu untuk pertandingan," lanjut pelatih asal Wina, Austria itu. Keberatan yang diungkapkan Pikal itu bukan tanpa alasan, pasalnya beredar kabar jika Liga 1 tetap berjalan meskipun bertepatan dengan FIFA Matchday.

Berbicara soal pemain yang tidak bisa membela klubnya yang disebutkan Pikal di atas. Ternyata juga berimbas ke Persebaya Surabaya, tim berjuluk Bajul Ijo itu harus kehilangan 4 pemainnya.

Mereka harus membela Timnas Indonesia di semua kelompok umur sebut saja seperti, Hansamu Yama Timnas Indonesia senior, Osvaldo Haay, Rachmat Irianto Timnas Indonesia U-23 dan M Supriadi Timnas Indonesia U-19.

Meskipun keempat pemain itu membela Timnas Indonesia dari semua kelompok umur. Tetap saja di Persebaya Surabaya, semua pemain itu merupakan satu kesatuan yakni berada di Persebaya senior jadi wajar apabila Pikal memilih untuk menghentikan kompetisi saat FIFA Matchday berlangsung.