Liga Indonesia

Profil Singkat Bintang PSM Muhammad Rafli Asrul, Top Skor Liga 1 U-16

Senin, 7 Oktober 2019 14:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSM Makassar
Pemain PSM Makassar U16, Muhammad Rafli Asrul Copyright: © PSM Makassar
Pemain PSM Makassar U16, Muhammad Rafli Asrul

INDOSPORT.COM - Mari melihat profil singkat talenta muda PSM Makassar U-16, Muhammad Rafli Asrul yang resmi menjadi top skor Liga 1 U-16 2019.

Total Muhammad Rafli Asrul telah mengoleksi 14 gol dan tak ada pemain lainnya yang bisa menyamai torehan yang dibuat bintang PSM U-16 ini.

Meski begitu Rafli Asrul belum bisa memberikan gelar juara pada PSM U-16, meski PSM U-16 sempat bermain gemilang di babak grup.

PSM U-16 mampu mengemas 38 poin dari 20 pertandingan yang dijalani. Hasil tersebut membuat Rafli Asrul dan kolega lolos ke babak 8 besar.

Akan tetapi di babak tersebut, Rafli Asrul dan kawan-kawan tak bisa membawa PSM U-16 ke partai semifinal ataupun final (termasuk perebutan tempat ketiga).

Kendati begitu gelar top skor yang melekat pada Rafli Asrul membuatnya dinilai sebagai pemain tersubur pada turnamen Liga 1 U-16.

Selain itu berdasarkan catatan laman resmi PSSI, Rafli Asrul bermain sebanyak 1.363 menit dari 21 pertandingan yang dirinya jalani.

Nama Rafli Asrul tampaknya masih asing dari telinga penggemar sepak bola nasional. Maka dari itu alangkah baiknya untuk melihat profil singkat sang pemain.

Sebelum direkrut oleh PSM U-16, Rafli Asrul merupakan jebolan salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB) Sulawesi Selatan 113 Enrekang pada 2015 silam.

© epa.pssi.org
PSM Makassar U16 Muhammad Rafli Asrul Copyright: epa.pssi.orgPSM Makassar U16 Muhammad Rafli Asrul.

Kala itu SSB 113 Enrekang mengikuti ajang Aqua Danone Nations Cup. Bahkan Rafli Asrul sempat membawa SSB 113 Enrekang juara ke empat.

Selain itu Rafli Asrul juga sempat membela Tim Sepak Bola Sulawesi Selatan dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV 2018 Mataram, NTB, 2018.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@officialpssi) on

Sulsel berhasil mendulang emas kala mengalahkan tuan rumah NTB lewat drama adu penalti 4-3 (skor akhir 0-0). Sulsel pun berhak tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Barulah dirinya dipinang oleh PSM U-16 dan mampu tampil begitu prima hingga akhirnya menyandang gelar top skor Liga 1 U-16.

Pada Agustus 2019 lalu, Rafli Asrul masuk dalam daftar pemain untuk mengikuti program Garuda Select II yang dijalankan oleh PSSI.