Liga Indonesia

Tantang Arab Saudi, Indra Sjafri Temukan Gelandang Bertahan 'Baru' untuk Timnas U-23

Senin, 7 Oktober 2019 14:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia U-23 Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia U-23

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri menjelaskan punya pemain 'baru' untuk menempati posisi gelandang bertahan. Pemain tersebut adalah Rachmat Irianto, yang bisa berperan sebagai pemain multifungsi di posisi bek tengah dan gelandang bertahan. 

Rupanya, Indra Sjafri telah mempersiapkan Rian (sapaan Rachmat Irianto) sejak jauh hari untuk menggali potensi dan bermain di poisisi baru tersebut. Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu sudah berkonsultasi dengan pelatih Persebaya Surabaya (klub Rian saat ini) yang saat itu masih dijabat oleh Djadjang Nurdjaman. 

"Untuk Rachmat Irianto saya komunikasi dari 3 bulan lalu untuk main di gelandang bertahan dan pelatih persebaya juga menempatkan dia, dan  paling pas disitu," ujar Indra Sjafri.

Indra meyakini Rian akan semakin berkembang di posisi barunya. Hal itu bukan hal baru, setelah beberapa pemain Timnas U-23 tampil moncer setelah dipindahkan ke posisi baru, seperti Asnawi Mangkualam Bahar dari gelandang ke bek kanan dan Muhammad Rafli dari gelandang ke penyerang tengah.

Selain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan, Rian juga pernah bermain sebagai bek kiri. Hal itu terjadi saat Persebaya melawan Bhayangkara FC di pekan ke 17 Shopee Liga 1 2019.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rachmat Irianto mengapresiasi dukungan dari suporter Timnas Indonesia usai takluk dari Jepang U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRachmat Irianto mengapresiasi dukungan dari suporter Timnas Indonesia usai takluk dari Jepang U-19.

"Rian bisa memainkan setidaknya lima posisi yang berbeda-beda. Mulai dari Winger, center back, deffence midfilder dan sekarang full back kiri," kata asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro.

Sementara itu, Rian berpeluang besar dibawa Indra Shafri untuk ikut Turnamen CFA Team China 2019 pada 9-13 Otober nanti. Indonesia akan melawan Arab Saudi (9 Oktober), lalu gantian menantang China (11 Oktober), dan terakhir berduel dengan Yordania (13 Oktober). Semua laga berlangsung di Stadion Wanzhou Pailou Sports.