Bola Internasional

Potret Wanzhou Pailou, Stadion Madya di Tepi Sungai Terpanjang Asia

Selasa, 8 Oktober 2019 10:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© http://www.worldstadiums.com
Wanzhou Pailou Sports Stadium. Copyright: © http://www.worldstadiums.com
Wanzhou Pailou Sports Stadium.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk melihat potret Wanzhou Pailou Sports yang masuk kategori stadion madya China di tepi sungai terpanjang Asia, Yangtze.

Stadion Wanzou Pailou Sports, China, bakal menjadi tempat bagi timnas Indonesia U-23 bertanding dalam kompetisi persahabatan sebelum fokus di SEA Games 2019.

Sebab, timnas Indonesia U-23 mengikuti ajang CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019 dan berlangsung selama tiga hari (9-11 Oktober).

Nantinya, Indonesia U-23 akan melawan Arab Saudi, Yordania, dan China. Tentunya turnamen ini bisa menjadi sebuah kesempatan menjajal kemampuan Egy Maulana Vikri dkk.

Meski begitu ternyata ada sisi menarik yang bisa ditelisik bersama, yakni venue pertandingan, Stadion Wanzhou Pailou Sports, Chongqing, China.

© http://www.worldofstadiums.com
Wanzhou Pailou Sports Stadium Copyright: http://www.worldofstadiums.comWanzhou Pailou Sports Stadium.

Stadion tersebut masuk dalam kawasan The Wanzhou Sports Center, Distrik Wanzhou, Chongqing, China. Venue ini terletak di tepi Sungai Yangtze dan berdampingan dengan Xinshan Park.

Sungai Yangtze dikenal karena adanya salah pengertian dari para misinonaris pada awalnya. Sungai Yangtze hanya merujuk kepada bagian hilir Sungai Panjang.

Akan tetapi karena ini yang pertama didengar oleh orang Barat, maka digunakanlah Sungai Yangtze untuk mewakili seluruh Sungai Panjang.

© http://www.worldstadiums.com
Wanzhou Pailou Sports Stadium Copyright: http://www.worldstadiums.comWanzhou Pailou Sports Stadium.

Posisinya yang bersebelahan dengan Stadion Wanzhou Pailou Sports, ternyata sungai ini memiliki panjang sekitar 6,300 km dan memiliki lebih dari 700 anak sungai.

Stadion Wanzhou Pailou Sports memiliki kapasitas hingga 26.000 penonton. Akan tetapi, stadion ini bisa disebut berada di kapasitas menengah alias madya.

© http://www.worldofstadiums.com
Wanzhou Pailou Sports Stadium Copyright: http://www.worldofstadiums.comWanzhou Pailou Sports Stadium.

Pasalnya stadion sepak bola di China memiliki kapasitas yang begitu besar. Mulai dari 30.000 hingga 80.000 tempat duduk (Stadion Guangdong Olympic).

Kapastias Wanzhou Pailou Sports Stadium juga melebihi stadion yang ada di Indonesia seperti Krakatau Steel (25.000), Bumi Wali (25.000), Wilis (25.000). Tetapi masih di bawah ukuran Stadion Si Jalak Harupat (27.000).

Stadion Wanzhou Pailou Sports mulai dibangun pada 2010 dan dibuka secara resmi pada Oktober 2012 berdasarkan laporan laman CNKI.

Stadion ini kerap dijadikan markas Timnas China U-23 dalam melakoni laga uji coba. Negara seperti Namibia (4-2 dan 0-1), Korea Utara (6-2), Thailand (1-0), Islandia (1-1), dan Meksiko (1-1) pernah merasakannya.

1