Bola Internasional

Selamat Tinggal Legenda! Bastian Schweinsteiger Resmi Pensiun dari Sepak Bola

Selasa, 8 Oktober 2019 23:59 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Chris Sweda/Chicago Tribune/TNS via Getty Images
Selamat Tinggal Legenda! Bastian Schweinsteiger Resmi Nyatakan Pensiun dari Sepak Bola Copyright: © Chris Sweda/Chicago Tribune/TNS via Getty Images
Selamat Tinggal Legenda! Bastian Schweinsteiger Resmi Nyatakan Pensiun dari Sepak Bola

INDOSPORT. COM - Ucapkan selamat tinggal kepada sosok legenda sepak bola Jerman, Bastian Schweinsteiger. Tepat pada hari Selasa (08/10/19), Schweinsteiger resmi menyatakan pensiun dari jagat sepak bola.

Kepastian kabar eks Manchester United itu gantung sepatu muncul dan beredar melalui media sosial. Khususnya bila melihat unggahan akun Instagram pribadi milik Schweinsteiger sendiri.

Schweinsteiger nampak mengunggah sejumlah foto saat dirinya masih aktif bermain. Ada foto ketika berkostum Timnas Jerman, Bayern Munchen, Setan Merah, hingga Chicago Fire.

Unggahan tersebut lantas disertai oleh untaian kalimat panjang di bagian caption. Schweinsteiger menuliskan kesan dan pesannya, sekaligus menyatakan berhenti dari aktivitas sepak bola profesional.

"Kepada para fans, waktunya telah tiba, dan saya akan mengakhiri karier sepak bola saya musim ini," tulis Schweinsteiger pada kolom caption.

"Saya berterimakasih kepada semuanya, kepada kalian, dan untuk tim yang pernah saya bela, Bayern Munchen, Manchester United, Chicago Fire, dan Timnas Jerman," lanjutnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bastian Schweinsteiger (@bastianschweinsteiger) on

Nama Schweinsteiger sendiri memang terkenal sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di era sepak bola modern. Sosoknya pun begitu melekat dengan klub raksasa Jerman, Bayern Munchen.

Schweinsteiger tercatat bermain untuk Munchen sejak 2002 hingga 2015. Kiprahnya di sana mampu menghasilkan delapan gelar Bundesliga Jerman, dan satu trofi Liga Champions.

Usai meninggalkan Munchen, Schweinsteiger hijrah menuju Manchester United. Terakhir, Schweinsteiger bermain untuk klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, Chicago Fire, sejak 2017 lalu.

Prestasi mentereng Schweinsteiger tak hanya di level klub. Schweinsteiger juga mampu meraih karier cemerlang saat membela negaranya, Timnas Jerman.

Namanya pertama kali bersinar saat masuk ke dalam jajaran pemain muda Jerman di Piala Dunia 2006. Hingga akhirnya pada Piala Dunia 2014, Schweinsteiger berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara dengan mengalahkan Argentina di partai final.

Schweinsteiger, rambut pirang yang senantiasa bekerja keras mengawal lini tengah, kini sudah memutuskan pensiun meninggalkan arena lapangan hijau. Auf Wiedersehen Schweinsteiger!