Bola Internasional

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia Kena Sanksi FIFA

Selasa, 8 Oktober 2019 23:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA

INDOSPORT.COM - Buntut dari kericuhan yang terjadi di pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia pada September lalu, membuat PSSI kena sanksi oleh FIFA.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dikenakan denda sebesar CHF 45 ribu atau sekitar Rp643 juta oleh FIFA.

Menurut keterangan yang didapat dari situs resmi PSSI, FIFA menjatuhkan sanksi karena perselisihan supoter yang terjadi di pertandingan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, tanggal 5 September 2019.

Meski jumlah denda yang harus dibayar cukup besar, pihak PSSI mengaku siap menghormati keputusan dari FIFA selaku induk dari organisasi sepak bola dunia.

"PSSI menghormati proses hukum dan putusan dari FIFA. Kami akan segera memenuhi kewajiban kami dan mengevaluasi agar peristiwa kerusuhan suporter seperti ini tidak terulang," ucap Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dilansir dari pssi.org.

Lebih lanjut lagi, Ratu Tisha menegaskan keinginannya bahwa kejadian bentrok antar suporter Timnas Indonesia vs Malaysia itu merupakan yang terakhir kalinya.

"Sepak bola harus menyatukan, mempromosikan keragaman budaya dan juga sikap saling menghormati," imbuhnya.

Sanksi FIFA untuk PSSI dan Timnas Indonesia ini terbilang cukup membuat lega para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, setelah kejadian tidak mengenakkan itu, Timnas Indonesia akan terancam tanpa penonton.

Padahal Timnas Indonesia sangat butuh dukungan penuh dari para suporter di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 selanjutnya yang akan dimainkan oleh Timnas Indonesia adalah partai tandang ke Uni Emirate Arab pada Kamis (10/10/19) besok.

Setelah itu, ada pertandingan kedua antara Timnas Indonesia vs Vietnam yang dimainkan sebagai laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada hari Selasa (15/10/19) pekan depan.