In-depth

Wawan Hendrawan, Solusi Cepat Gantikan Andritany sebagai Kiper Timnas Indonesia

Rabu, 11 September 2019 14:09 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan sangat pantas gantikan Andritany Ardhiyasa di Timnas Indonesia. Copyright: © baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan sangat pantas gantikan Andritany Ardhiyasa di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Penampilan buruk Andritany Ardhiyasa bersama Timnas Indonesia di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat nama Wawan Hendrawan kembali digaungkan sebagai pengganti.

Ya, Timnas Indonesia baru saja menelan kekalahan dua beruntun di pertandingan babak Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dari Malaysia dan Thailand.

Mirisnya dua kekalahan beruntun itu dialami oleh tim asuhan Simon McMenemy di markas sendiri, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (05/09/19) lalu dan Selasa (10/09/19) kemarin malam.

Yang lebih parahnya lagi gawang Timnas Indonesia yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa yang kebetulan juga menjabat sebagai kapten tim, kebobolan sebanyak enam gol hanya dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Melihat penampilan buruk kiper andalan Persija Jakarta itu, para pecinta sepak bola pun menginginkan segera adanya perubahan di kubu Timnas Indonesia. Khususnya di posisi penjaga gawang.

Bahkan saking frustasinya melihat Andritany dalam dua kekalahan beruntun, segelintir kelompok fans Timnas Indonesia menginginkan Kurnia Meiga kembali mengawal gawang Garuda.

Melihat statistik Labbola soal penampilan terakhir Kurnia Meiga di Piala AFF 2016, wajar jika fans Timnas Indonesia kesengsem dengan sang kiper. Dari 7 penampilan, Meiga mencatat 23 kali penyelamatan, 11 kali mengamankan umpan silang lambung.

Tapi Kurnia Meiga hingga kini saja masih bungkam ketika ditanya kapan dirinya kembali merumput. Melihat ketidakjelasan, nama kiper Bali United, Wawan Hendriawan muncul ke permukaan.

Wawan Hendrawan Cocok Gantikan Andritany untuk Timnas Indonesia

© Miftahuddin Halim/Radar Bali
Kiper Bali United Wawan Hendrawan Copyright: Miftahuddin Halim/Radar BaliKiper Bali United Wawan Hendrawan

Penampilan impresif Wawan Hendrawan bersama Serdadu Tridatu dalam beberapa musim terakhir memang sangat memukau para pecinta sepak bola Indonesia.

Bahkan jika dilihat kembali, statistik yang dicatatkan oleh Wawan Hendrawan di Liga 1 2019 musim ini sangatlah mengesankan. Dari 16 penampilannya bersama Bali United, baru kebobolan 11 kali dan ini catatan yang paling minim untuk kiper di Liga 1 2019.

Bahkan Wawan Hendrawan bersama Bali United mencatatkan sebanyak 7 kali clean sheet di sepanjang paruh pertama Liga 1 2019. Tapi usia yang sudah menginjak 36 tahun, membuat Wawan menjadi opsi yang sulit untuk Timnas Indonesia.

Jika melihat Liga 1 2018 lalu, Wawan Hendrawan juga tak begitu buruk. Dari 30 penampilannya, dia kebobolan sebanyak 40 gol namun mencatatkan 11 kali clean sheets. Bahkan catatan clean sheets Wawan merupakan yang terbanyak di Liga 1 2018 lalu.

Untuk Liga 1 2017, Wawan juga unjuk gigi bersama Bali United. Dengan gelar runner-up untuk timnya, Wawan hanya kemasukan 18 gol dari 17 penampilannya di liga serta mencatat 8 kali clean sheets.

Keputusan Simon McMenemy yang tetap percaya kepada Andritany apalagi memberikan ban kapten kepada kiper Persija itu memang patut dipertanyakan.

Pasalnya, Andritany sendiri baru saja pulih usai mengalami cedera patah tangan kiri usai bertabrakan dengan winger Borneo FC, Terens Puhiri pada akhir Juni 2019 lalu. Bahkan setelah operasi dilakukan, Andritany harus mangkir dari lapangan hijau selama dua bulan ke depan.

Tapi kondisi Andritany lebih cepat dari perkiraan tim dokter, pada awal Agustus 2019 lalu dia sudah kembali bermain untuk Persija. Baru empat kali bermain usai cederanya pulih, Simon terbilang nekat tetap memanggil Andritany.

Jika melihat ke statistik Andritany di Liga 1 2019 sejauh ini, kiper berusia 27 tahun itu baru memainkan 8 pertandingan dengan kebobolan 9 kali bersama Persija Jakarta.

Untuk penampilannya di Liga 1 2018 lalu saat Persija mengangkat trofi juara, Andritany juga masih kalah dari Wawan Hendrawan. Kiper yang pernah berkarier bersama Sriwijaya FC itu hanya mencatat 7 clean sheets.

Apa boleh buat usia Wawan Hendrawan yang sudah menginjak 36 tahun, mungkin membuat Simon McMenemy ragu untuk memanggilnya.

Tapi dengan usia yang terbilang sangat tua, Wawan tentu memiliki banyak pengalaman. Seorang kiper dengan pengalaman segudang akan menjadi tambahan berarti untuk sebuah tim.

Mungkin saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 selanjutnya, di mana Timnas Indonesia akan bertamu ke UAE dan Vietnam, mungkin Wawan Hendrawan bisa dipanggil dan coba diturunkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%