Bola Internasional

Prediksi Pertandingan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia: Fokus Jadi Penentu

Selasa, 8 Oktober 2019 18:44 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Prediksi pertandingan Uni Emirat Arab vs Indonesia. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Prediksi pertandingan Uni Emirat Arab vs Indonesia.

INDOSPORT.COM – Laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan menyajikan laga antara Uni Emirat Arab (UEA) melawan Timnas Indonesia pada Kamis (10/10/19) pukul 23.00 WIB di Al Maktoum Stadium. Laga ini jelas akan menjadi ujian yang berat untuk Timnas Indonesia.

Uni Emirat Arab akan kembali diperkuat oleh stiker veteran mereka, Ahmed Khalil. Meski baru berusia 28 tahun, penyerang Shabab Al-Ahli itu telah mengemas 103 caps dan 51 gol. Ia sendiri sebelumnya tak dibawa kala bertandang ke markas Malaysia.

Khalil diprediksi akan bertandem dengan Ali Mabkhout. Nama terakhir juga merupakan pemain yang kaya pengalaman internasional. Striker milik klub Al-Jazira itu bahkan punya statistik yang lebih tajam dari Khalil, yakni 53 gol dari 81 caps.

Pengalaman internasional Khalil dan Mabkhout, ditambah dengan kecepatan gelandang UEA seperti Omar Abdulrahman, sudah jelas akan menyulitkan pertahanan Timnas Indonesia. Kecepatan dan visi bermain mereka menjadi hal yang perlu diwaspadai.

UEA pun datang dengan rekor pertemuan impresif. Dalam lima laga terakhir, The Whites belum pernah menelan kekalahan. Mereka bahkan mempu mengalahkan Arab Saudi (2-1) dan Republik Dominika (4-0) dalam laga uji coba beberapa bulan lalu.

Di sisi lain, Simon McMenemy selaku pelatih Timnas Indonesia membawa banyak nama baru. Eks pelatih Bhayangkara FC itu melakukannya usai tak impresif dalam dua laga awal. Indonesia dipaksa menyerah di kandang sendiri oleh Malaysia dan Thailand.

Meski banyak muka baru, wajah langganan seperti Beto Goncalves, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas diprediksi akan kembali turun. Namun, belum tahu taktik apa yang akan dimainkan McMenemy usai ketiganya tak berkutik kala mengahdapi Thailand.

Timnas Indonesia perlu berani bermain umpan pendek untuk mengganggu konsentrasi UAE. Jika masih mengandalkan umpan panjang dan permainan direct, Beto dkk. dalam bahaya. Pasalnya, tim asal Timur Tengah seperti UAE punya keunggulan postur dan kekuatan badan.

Dalam laga nanti, fokus para pemain Timnas Indonesia akan sangat diuji. Jika banyak melakukan kesalahan mendasar seperti dua laga sebelumnya, Garuda senior berpeluang menjadi bulan-bulanan. Publik Indonesia pun berharap penampilan yang lebih baik.

Prediksi Starting Line-up Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia:

UEA: Khalid Eisa; Walid Abbas, Mohammed Al Attas, Mohammed Barqesh, Majed Ibrahim Suroor; Ismail Al Hammadi; Ahmed Barman, Omar Abdulrahman; Ail Mabkhout, Jassem Yaqoub, Ahmed Khalil. Pelatih: Bert van Marwijk.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Ricky Fajrin, Rudolof Yanto Basna, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Evan Dimas, Zulfiandi; Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Riko Simanjuntak; Beto Goncalves. Pelatih: Simon McMenemy.

Players to Watch:

Ahmed Khalil (Uni Emirat Arab)

Striker ‘veteran’ yang telah mengemas 103 caps untuk Uni Emirat Arab ini kembali ke skuat setelah dalam laga sebelumnya tak disertakan. Kehadiran Khalil bakal menambah daya gedor tim asuhan Bert van Marwijk.

Evan Dimas Darmono (Indonesia)

Kualitas umpan dan penempatan posisi bertahan Evan Dimas di lini tengah Indonesia akan sangat krusial. Pasalnya, skuat Garuda senior jelas akan diuji dengan kecepatan para gelandang dan penyerang tim tuan rumah.

Pertemuan Terakhir Kedua Negara:

(-) Kedua negara belum bernah bertemu sebelumnya di level senior.

5 Pertandingan Terakhir Uni Emirat Arab:

  • (10/09/19) Malaysia 1-2 Uni Emirat Arab
  • (01/09/19) Uni Emirat Arab 5-1 Sri Lanka
  • (31/08/19) Republik Dominika 0-4 Uni Emirat Arab
  • (26/03/19) Uni Emirat Arab 0-0 Syria
  • (21/03/19) Uni Emirat Arab 2-1 Arab Saudi

5 Pertandingan Terakhir Timnas Indonesia:

  • (10/09/19) Indonesia 0-3 Thailand
  • (05/09/19) Indonesia 2-3 Malaysia
  • (15/06/19) Indonesia 6-0 Vanuatu
  • (11/06/19) Yordania 4-1 Indonesia
  • (26/03/19) Myanmar 0-2 Indonesia

Prediksi Pertandingan Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia versi INDOSPORT:

  • Uni Emirat Arab (40%) Imbang (30%) Indonesia (30%)