Liga Inggris

Inilah 3 'Modal' Frank Lampard untuk Bawa Chelsea Berjaya di Liga Inggris

Rabu, 9 Oktober 2019 17:43 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Yohanes Ishak
© Christoper Lee/GettyImages
Frank Lampard memiliki tiga modal yang bisa membantunya untuk mengembalikan kejayaan Chelsea di kompetisi sepak bola Liga Inggris 2019-2020. Copyright: © Christoper Lee/GettyImages
Frank Lampard memiliki tiga modal yang bisa membantunya untuk mengembalikan kejayaan Chelsea di kompetisi sepak bola Liga Inggris 2019-2020.

INDOSPORT.COM - Frank Lampard memiliki tiga modal yang bisa membantunya mengembalikan kejayaan Chelsea di kompetisi sepak bola Liga Inggris 2019-2020.

Frank Lampard memang resmi menjadi pelatih Chelsea baru pada 4 Juli 2019 yang lalu setelah meninggalkan kursi kepelatihannya di Derby County. Sehingga, Liga Inggris musim ini menjadi momen pertamanya menjabat sebagai pelatih di kompetisi papan atas Inggris.

Menukangi Chelsea di Liga Inggris memang tidak mudah. Debut resminya bersama The Blues ternyata harus dibuka dengan kekalahan telak 0-4 dari Manchester United di Old Trafford. Setelah itu, mereka hanya bermain imbang 1-1 lawan Leicester City di pekan ke-2 Liga Inggris.

Meski mereka sulit mendapatkan kemenangan di awal-awal Liga Inggris, tapi Chelsea saat ini akhirnya mampu menempati peringkat lima dengan empat kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah. Hasil tersebut membuat mereka mengumpulkan 14 poin, terpaut 10 poin dari Liverpool di puncak klasemen sementara.

Hal itu sepertinya merupakan bukti bahwa Lampard bukan pelatih sembarangan. Ia mampu membawa Chelsea menduduki peringkat lima meski melalui perjuangan yang berliku. Melansir dari laman portal berita olahraga The Pride of London, sosok berusia 41 tahun itu memiliki tiga bukti bahwa dirinya adalah pelatih berkelas.

1. Pola Pikir

Lampard memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan para pemain muda yang ia miliki dalam skuatnya. Sebagai contoh, ia memberi kesempatan kepada pemain muda seperti Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi, Mason Mount, dan lain-lain untuk menjadi starter timnya.

2. Percaya Diri

Lampard adalah pelatih yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Hal ini terbukti di Liga Inggris musim ini. Meskipun pada pekan-pekan awal mereka terpuruk, tapi Chelsea pelan-pelan mulai merangkak naik sampai bisa menempati posisi lima Liga Inggris.

3. Komunikasi

Lampard kabarnya memiliki intensitas komunikasi yang tinggi dengan para pemainnya, entah di ruang ganti, atau pada saat latihan. Dengan hal ini, tentu hubungannya dengan skuat asuhannya menjadi dekat. Hal ini tentu akan sangat membantu dirinya dalam menerapkan taktik ketika di lapangan.

Saat ini, kompetisi sepak bola Liga Inggris baru mencapai pekan ke-8. Frank Lampard masih memiliki banyak waktu untuk bisa menembus zona empat besar yang merupakan zona untuk bisa berlaga di Liga Champions musim depan.

Untuk saat ini, dari total 12 pertandingan yang sudah ia lakoni bersama Chelsea, Lampard memiliki persentase kemenangan sebesar 50%. Sementara ini, angka tersebut lebih besar dibanding saat ia melatih Derby County yang hanya memiliki persentase kemenangan 42% dari 57 pertandingan.