Liga Champions

Gara-gara Aturan Baru UEFA, Liga Inggris Kehilangan 1 Tempat di Liga Champions

Rabu, 9 Oktober 2019 09:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris terancam kehilangan satu dari empat slot di Liga Champions menyusul pengumuman UEFA tentang perubahan peraturan distribusi klub dari masing-masing liga yang berhak tampil di ajang tersebut.

Dilansir dari Sky Sports, selain Liga Inggris, tiga liga top Eropa lain, yakni LaLiga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman juga akan terkena imbas dari kembalinya aturan tiga tempat ke fase grup kompetisi antarklub papan atas Eropa setelah 2024.

Dalam aturan baru, klub yang menduduki tiga besar liga secara otomatis lolos ke turnamen Liga Champions, sedangkan peringkat keempat harus melalui babak kualifikasi.

“Saya pikir beberapa liga besar akan baik-baik saja jika mereka diperlakukan dengan cara yang sama,” kata Larz-Christer Olsson, presiden liga-liga Eropa yang mewakili 36 liga professional di 29 negara.

“Jika Anda memberikan empat posisi ke Liga Inggris dan mengambil satu dari Bundesliga maka Anda memiliki masalah. Liga-liga papan atas siap untuk berpartisipasi dalam diskusi ini untuk sesuatu yang baru jika mereka diperlakukan sama,” cetusnya.

Sebelumnya, UEFA memberikan empat tempat yang otomatis lolos ke fase grup Liga Champions untuk klub-klub di Inggris, Jerman, Spanyol, dan Italia pada 2016. Namun, aturan itu baru berlaku pada awal musim lalu.

Lebih lanjut, Olsson juga mendukung digelarnya kompetisi kasta ketiga untuk ajang antarklub Benua Biru, di mana kualifikasi didasarkan pada kinerja klub di liga domestik.

Keputusan mengenai aturan baru dan dibentuknya kompetisi baru setela Liga Champions dan Liga Europa sendiri akan dilakukan pada pertemuan lebih lanjut di London pekan depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
5%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
38%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
5%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%