In-depth

Masih Ada Peluang, Hitung-hitungan Persis Solo dan PSIM Jogja agar Promosi ke Liga 1

Rabu, 9 Oktober 2019 14:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Logo Persis Solo, Liga 1, dan PSIM Yogyakarta. Copyright: © INDOSPORT
Logo Persis Solo, Liga 1, dan PSIM Yogyakarta.

INDOSPORT.COMPersis Solo dan PSIM Jogja masih memiliki peluang untuk menjaga asa promosi ke Liga 1 dengan lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 terlebih dahulu.

Saat ini keduanya masih berada di luar lima besar, di mana Persis (peringkat ke-7) dan PSIM Jogja (posisi ke-8) sama-sama mengantongi 24 poin.

Meski mendekati jurang degradasi (peringkat 10 dan 11), akan tetapi Persis dan PSIM masih berpeluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 untuk mendapatkan tiket promosi.

Persis dan PSIM saat ini sama-sama masih akan menjalani dua pertandingan sisa di kompetisi Liga 2 2019 Grup Timur. Keduanya diharuskan meraih kemenangan di dua laga terakhir ini.

Apabila kedua tim tersebut berhasil menang dalam dua laga terakhirnya, maka poin yang akan mereka kantongi adalah 30. Dengan poin itu, Persis dan PSIM masih berpeluang lolos ke 8 besar.

Sayangnya, kedua tim asal Jawa tersebut akan bertemu pada pekan terakhir Liga 2 2019. Dengan begitu, hanya ada satu tim di antara Persis dan PSIM yang bisa lolos ke babak 8 besar.

Tim yang kalah dalam pertandingan PSIM vs Persis (21 Oktober 2019) nanti sudah dipastikan tidak akan mendapatkan kesempatan bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia musim depan.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Cristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTCristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC.

Hasil imbang pun justru bakal membuat kedua tim tersebut gagal merangsek naik ke zona empat besar Liga 2 2019 Grup Timur. Karena kemenangan menjadi harga mati bagi kedua tim.

Satu partai lainnya, Persis bakal berhadapan dengan PSBS Biak (9 Oktober 2019). Sedangkan PSIM bakal lebih dulu memainkan laga tunda melawan Persatu Tuban sebelum bermain melawan Persis.

Melihat jadwal di laga-laga terakhir PSIM dan Persis terbilang cukup mudah. Karena keduanya akan berhadapan dengan klub-klub yang posisinya berada di bawah mereka.

Selain harus meraih kemenangan dalam dua laga sisa, Persis dan PSIM juga harus berharap agar Persewar Waropen (posisi 3) dan Martapura FC (4) menelan kekalahan di laga terakhirnya.

© Media Persis
Pemain Persis, Nanang Asripin berusaha menghindari adangan pemain Sulut United. Copyright: Media PersisPemain Persis, Nanang Asripin berusaha menghindari adangan pemain Sulut United.

Persewar dan Martapura saat ini sama-sama mengantongi 28 poin. Akan tetapi, Persewar masih mengantongi satu laga tunda di Liga 2 2019 Grup Timur.

Apabila kedua tim papan atas Liga 2 2019 Grup Timur ini menelan kekalahan dalam laga-laga terakhirnya, maka posisi mereka bisa terancam tergusur.

Selain mengharapkan Persewar dan Martapura FC agar menelan hasil minor, nasib Persis dan PSIM untuk berpeluang promosi ke Liga 1 ini masih ada di tangan dua klub lainnya.

Dua klub yang dimaksud adalah Bogor FC Sulut United (peringkat ke-5). Bogor FC Sulut United sendiri saat ini mengantongi 26 poin.

Bogor FC Sulut United juga masih berpeluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 jika berhasil mengantongi kemenangan saat berhadapan tim papan atas di laga terakhir, Persewar.

Meski sudah lolos 8 besar Liga 2 2019, beberapa tim masih harus berjuang menjadi tiga klub terbaik. Barulah tim-tim tersebut mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 pada musim depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%