Liga Indonesia

Menilik Peluang Persis Solo Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2

Selasa, 8 Oktober 2019 14:52 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk menilik peluang bagaimana kiprah Persis Solo untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Pada pekan ke-21 ini semestinya Persis Solo menjamu PSBS Biak Numfor di Stadion Willis, Madiun, Jawa Timur. Akan tetapi mengalami penundaan.

Sehingga hal ini bisa menjadi momentum bagi Persis agar dapat mendulang kemenangan penting. Terlebih, mereka bakal bermain di kandang.

Saat ini, Persis berada di posisi ke tujuh dengan mengoleksi 24 poin. Laskar Samber Nyawa telah bermain sebanyak 18 kali dengan enam kemenangan, imbang, dan kalah.

Persis mengoleksi 12 gol dan kebobolan 14 kali. Peluang untuk lolos ke babak 8 besaar pun masih sangat terbuka lebar bagi Persis.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga pertandingan antara Persis Solo vs Mitra Kukar, Jumat (23/08/2019). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLaga pertandingan antara Persis Solo vs Mitra Kukar, Jumat (23/08/2019).

Saat ini, Persis tengah bertarung dengan Persewar (28 poin), Martapura FC (25 poin), Persiba Balikpapan (24 poin), PSIM Yogyakarta (24 poin), dan PSBS Biak (24 poin).

Peluang Persis untuk bisa lolos tak lepas dari pertandingan lain. Mengingat ketatnya perolehan poin dari para peserta wilayah timur.

Persis setidaknya wajib untuk meraih dua kemenangan terakhir. Sehingga, mereka bakal mengoleksi 30 poin di akhir klasemen dan bisa saja bertengger di posisi empat besar.

Tetap Waspada

Di sisi lain, pesaing terdekat, yakni PSIM Yogyakarta, memiliki tiga pertandingan sisa. Andai PSIM bisa memenangkan semuanya, maka mereka mengoleksi 36 poin.

Kendati begitu, PSIM bakal bermain habis-habisan ketika menjamu Persis. Maka dari itu, Laskar Samber Nyawa wajib menang di laga terakhir ini.

Andai melawan Persis kalah tetapi menang di dua laga sebelumnya, PSIM mengumpulkan 33 angka. Jumlah tersebut membuat PSIM berpeluang lolos dan bisa saja ditemani Persis.

Sementara itu, Persiba juga memiliki asa untuk lolos pada dua laga terakhir melawan Madura FC dan Mitra Kukar. Terlebih dua laga tersebut dimainkan di kandang sendiri.

Martapura FC juga berpeluang lolos andai bisa memenangkan dua laga terakhir melawan PSIM dan PSBS, di mana total mengoleksi 31 poin.

© Media Persis
Situasi pertandingan Persis Solo vs Persatu Tuban di Liga 1 2019. Copyright: Media PersisSituasi pertandingan Persis Solo vs Persatu Tuban di Liga 1 2019.

Sedangkan PSBS bakal melawan Persis dan Martapura FC. Dua laga terakhir ini juga bisa menjadi penentu bagi Persis bakal lolos atau tidak.

Bisa dibilang, semua rival Persis mesti mengalami kekalahan ataupun hasil imbang dalam sisa laga terakhir mereka dan Laskar Samber Nyawa mesti terus menang.

Kendati begitu, hasil di atas lapangan akan susah ditebak mengingat tim papan bawah tidak ingin terdegradasi, sementara klub yang berpeluang lolos ke babak 8 besar tidak ingin kehilangan kesempatan.