Liga Indonesia

Persis Solo Punya Problem Stamina, Ini Kiat Salahudin

Rabu, 2 Oktober 2019 21:39 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Ronald Seger
Pemain Persis Solo dinilai memiliki masalah dalam urusan stamina di Liga 2 2019. Copyright: © INDOSPORT/Ronald Seger
Pemain Persis Solo dinilai memiliki masalah dalam urusan stamina di Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Persis Solo akan mengadapi partai krusial saat dijamu Persewar Waropen pada lanjutan Liga 2 2019 di Stadion Cendrawasih, Biak, Jumat (04/10/19). Tim Laskar Samber Nyawa wajib memetik kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak 8 besar.

Namun, bukan perkara mudah bagi tim Kota Bengawan untuk meraih hasil itu. Apalagi performa Okky Derry Andriyan dan kolega selama putaran kedua belum maksimal.

Pelatih baru Persis, Salahudin menyebut ada problem besar yang menggerogoti timnya. Adalah faktor stamina yang menjadi biang kerok hasil minor selama ini.

"Sebenarnya masalah besarbya ada di stamina pemain. Babak pertama bagus, namun setelah itu fisik drop dan kita kemasukkan gol," kata Salahudin kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (02/10/19).

Pelatih berusia 49 tahun itu berkaca pada hasil negatif saat dikalahkan Sulut United, pekan lalu. Saat itu, Persis yang tampil apik di babak pertama justru berubah drastis di paruh kedua sehingga tuan rumah mampu mencetak gol kemenangan.

"Kunci utama dalam sepak bola kan adalah fisik. Kalau stamina sudah drop, pasti permainan tidak akan berjalan maksimal," tegas dia.

Dengan kompetisi yang sedang berjalan, mantan pelatih Barito Putera itu tak punya waktu untuk memberikan program peningkatan fisik. Namun, Salahudin dan tim pelatih sudah memiliki kiat khusus di Liga 2 2019.

"Kita apungkan semangat bertanding dan selalu ingatkan kalau masih punya peluang besar untuk lolos. Stamina yang menurun bisa ditutup dengan an motivasi pemain," ujar mantan pelatih Madura FC dan Persiba Balikpapan itu.