Liga Indonesia

Cerita Irkham Mila di China: Berkhayal ke Luar Negeri dan Bingung Bayar Belanjaan

Kamis, 10 Oktober 2019 13:29 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 segera berlaga pada ajang CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019. Selain Indonesia, mini turnamen yang berlangsung di Stadion Wuhan Sport Centre, Wuhan, 09-15 Oktober juga diikuti tuan rumah China, Yordania, dan Arab Saudi.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan China, Jumat (11/10/19). Lalu tim Garuda Muda menghadapi Yordania dan terakhir Arab Saudi. 

Pelatih Indra Sjafri membawa 26 ke Negeri Tirai Bambu. Winger muda PSS Sleman, Irkham Zahrul Mula jadi salah satu personel yang dibawa sang juru taktik.

Bagi Mila, turnamen di China jadi pengalaman berharga sepanjang hidupnya. Itu merupakan kali pertama pemain berusia 20 tahun tersebut pergi ke luar negeri.

"Tentu ini jadi pengalaman yang berharga untuk saya. Dulu saya hanya hanya bisa mengkhayal ingin ke luar negeri," ungkap Mila saat dihubungi INDOSPORT, Kamis (10/10/19).

"Sejak kecil memang ingin bisa pergi ke luar negeri dengan gratis. Alhamdulillah dan tidak menyangka tahun ini terealisasi juga," kata dia.

Meski pertama kali menginjakkan kaki di negeri orang, namun eks pemain Persis Solo tersebut tak mengalami kendala. Suhu cuaca yang berkisar antar 21-22 derajat celcius tak jauh berbeda dengan Indonesia

"Kemarin saat latihan sempat mendung, namun tidak ada masalah. Soal makanan juga semua tanpa kendala. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar," ujar pemain asal Desa Harjosari Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Mila juga bercerita pengalaman lucu saat berada di China, tepatnya saat di sebuah supermarket. Saat itu, dirinya hendak membeli keperluan sehari-hari dan berniat membayar dengan karu debit.

"Lah pas mau bayar ternyata enggak bisa, harus cash. Padahal sudah bawa barang belanjaan sampai kasir, akhirnya batal," ujarnya sembari berkelakar.

Secara umum, pemain berusia 20 tahun itu memang menunjukkan progres positif selama mengikuti dua kali pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta, awal bulan lalu. Untuk itu, masuknya nama Mila ke daftar entry by name tak mengejutkan.

Mila sendiri jadi wonderkid alias si bocah ajaib tim Super Elang Jawa di pentas Shopee Liga 1 musim ini. Memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, pemain kelahiran Tegal 2 Mei 1998 tersebut sudah tampil sebanyak 12 kali dan mencetak satu gol dan tiga assist.