In-depth

Efek Persib Bandung Buat Blitar United Degradasi ke Liga 3?

Kamis, 10 Oktober 2019 15:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Efek Persib Bandung buat Blitar United degredasi ke Liga 3. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Efek Persib Bandung buat Blitar United degredasi ke Liga 3.

INDOSPORT.COM – Beberapa klub Liga 2 2019 sudah dipastikan turun kasta ke Liga 3 pada musim depan. Blitar United atau Persib B menjadi salah satu klub yang sudah dipastikan degradasi.

Selain Persib B, PSGC Ciamis dan Madura FC juga harus menjalani kompetisi musim depan di kasta ketiga sepak bola Indonesia. Nantinya ada dua tim tambahan yang menyusul Persib B, PSGC dan Madura FC.

Blitar United sejatinya merupakan tim kuda hitam pada Liga 2 2018 lalu. Berstatus sebagai juara Liga 3 2017, Blitar United mampu menyelesaikan musim berikutnya di peringkat ke-7 Liga 2 2018.

Mereka mampu mengoleksi 31 poin hasil dari 9 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 9 kali kalah. Bahkan Blitar United mampu mengalahkan klub sekaliber PSS Sleman dua kali dan tak pernah kalah dari Kalteng Putra (menang dan seri).

Catatan tersebut tentunya cukup fantastis, mengingat dua PSS Sleman dan Kalteng Putra berhasil promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada musim berikutnya.

Potensi ini nyatanya dimaksimalkan oleh manajemen Persib Bandung, hingga Blitar United menjadi klub cadangan Pangeran Biru. Sayangnya, efek Persib itu justru membuat tim kuda hitam itu terpuruk.

Persib B hanya mampu menorehkan dua kemenangan sepanjang kompetisi Liga 2 2019 Grup Barat. Itu terjadi ketika mereka bertemu dengan Persibat Batang (4-0) dan PSGC (2-1).

© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Blitar Bandung United, Muchlis Hadi Ning melewati pemain Persiraja Banda Aceh di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Senin (23/09/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTStriker Blitar Bandung United, Muchlis Hadi Ning melewati pemain Persiraja Banda Aceh di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Senin (23/09/2019).

Tim cadangan Persib tersebut justru menelan kekalahan paling banyak pada musim ini dengan 14 kali tumbang. Sedangkan lima laga sisanya hanya mampu bermain imbang.

Catatan di atas tentunya sangat berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan Blitar United pada musim 2018 lalu. Apabila Persib tidak datang, mungkin saja Blitar United bisa menjadi kandidat kuat perebut tiket 8 besar di Liga 2 2019.

Akan tetapi, bukan ide yang baik jika menyalahkan Persib Bandung dalam keterpurukan Blitar United pada musim ini. Namun yang disayangkan, tidak ada pemain Blitar United di musim lalu yang masuk dalam skuat Persib B.

Padahal, beberapa penggawa Blitar United telah menampilkan kualitas sepanjang Liga 2 2018 lalu. Setidaknya, satu hingga tiga pemain Blitar United musim lalu seharusnya mendapatkan kesempatan bermain bersama Persib B di Liga 2 2019.

Namun, manajemen Persib B lebih memilih merombak skuatnya untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2019. Meski dibantu dengan beberapa pemain pelapis Persib senior, namun sayangnya tak membuat Persib B berbicara banyak.

Persib B sendiri bakal berhadapan dengan Persita Tangerang pada laga terakhir Grup Barat Liga 2 2019. Jika melihat materi pemain, tentunya Persita lebih diunggulkan, hingga kemungkinan besar membuat Persib B bakal memantapkan diri sebagai klub terbanyak menelan kekalahan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%