Liga Indonesia

Legenda Komentari Performa Apik Persipura di Tangan Jacksen Tiago

Kamis, 10 Oktober 2019 19:22 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© liga1match
Semenjak ditangani Jacksen F. Tiago, Persipura Jayapura mengalami peningkatan performa yang drastis di Shopee Liga 1 2019. Copyright: © liga1match
Semenjak ditangani Jacksen F. Tiago, Persipura Jayapura mengalami peningkatan performa yang drastis di Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Salah satu legenda hidup Persipura Jayapura, Marwal Iskandar turut melayangkan komentarnya atas performa apik mantan timnya di Shopee Liga 1 2019 setelah kembali ditangani oleh pelatih asal Brasil, Jacksen F. Tiago.

Menurut Marwal, kembalinya seorang Jacksen saat ini mampu membawa dampak positif yang signifikan setelah sebelumnya berada di papan bawah sewaktu masih di latih oleh Luciano Leandro.

"Soal Persipura kalau saya lihat di beberapa pertandingan itu Luciano kemarin harusnya bentuk kekeluargaan dulu, dan sebenarnya Persipura bagus di Piala Presiden waktu itu."

"Saya suka menganalisa ketika mereka bermain," ujar Marwal kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (10/10/19).

Sang legenda menilai Jacksen terbilang sukses karena bisa membangun kekeluargaan dan psikologi mental pemain dengan sangat baik.

"Yang paling penting adalah psikologi. Dan itu yang membuat Jacksen bagus dan semua pelatih bagus jika bisa melakukan itu," jelasnya.

Meski begitu, eks gelandang bertahan Persipura yang mempersembahkan trofi perdana bagi tim mutiara hitam di tahun 2005 itu enggan menerka-nerka peluang Persipura di papan klasemen, meski menurutnya Jacksen sudah melakukan pekerjaan luar biasa bagi Boaz Solossa dan kolega.

"Mungkin yang paling penting itu metode latihan, karena setiap pelatih pasti berbeda-beda dan kita tidak bisa langsung memprediksikan. Mungkin dia lebih memahami kebersamaan dengan para pemain," tandasnya.