In-depth

Dibantai Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Dunia

Jumat, 11 Oktober 2019 08:20 WIB
Editor: Coro Mountana
© PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dibantai Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia masih bisa lolos ke Piala Dunia Copyright: © PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dibantai Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia masih bisa lolos ke Piala Dunia

INDOSPORT.COM – Usai dibantai Uni Emirat Arab di Stadion Al-Maktoum pada Kamis (10/10/19) malam tadi, ternyata Timnas Indonesia masih bisa lolos ke Piala Dunia, bagaimana caranya?

Hattrick dari Ali Mabkhout, dan masing-masing satu gol dari Khalil Ibrahim dan Tareq Ahmed membuat Timnas Indonesia harus pulang dengan tangan hampa usai dibantai 0-5 oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia terpuruk di dasar klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga menelan kekalahan dari Thailand (2-3) dan Malaysia (0-3).

Sepintas, perjalanan Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia terlihat pupus sudah akibat selalu kalah di 3 laga awal. Tapi, ternyata secara matematis, sejatinya Timnas Indonesia masih bisa lolos, bagaimana perhitungannya?

Menang di Sisa 5 Laga

Caranya, Timnas Indonesia mau tidak mau wajib menyapu bersih semua sisa laga yang berjumlah 5 dengan kemenangan. Perlu diketahui 5 laga sisa Timnas Indonesia adalah melawan Vietanam (kandang dan tandang), UEA (kandang), Thailand (tandang), dan Malaysia (tandang).

Meskipun menang tandang dari Vietnam dan Thailand merupakan sebuah mission imposible, tapi jika memang masih ingin lolos, maka kemenangan tetap wajib didapatkan. Andaikan misi menyapu bersih sisa laga berhasil dilaksanakan, maka poin Timnas Indonesia akan menjadi 15.

Perolehan 15 poin sendiri setidaknya sudah mengantarkan Timnas Indonesia berada di peringkat ketiga dalam klasemen akhir grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tapi pertanyaannya sekarang apakah 15 poin cukup untuk meloloskan Timnas Indonesia ke fase selanjutnya?

© PSSI
Para penggawa Timnas Indonesia memanfaatkan waktu istirahat. Copyright: PSSIPara penggawa Timnas Indonesia memanfaatkan waktu istirahat.

Berharap Thailand dan Vietnam Alami Kesialan

Jadi 15 poin yang akan didapatkan Timnas Indonesia dengan asumsi menang di sisa 5 laga akan cukup untuk meloloskan ke babak selanjutnya asalkan Thailand dan Vietnam alami kesialan.

Maksudnya, Thailand dan Vietnam yang saat ini sama-sama mengemas 4 poin dari 2 laga hanya boleh maksimal menang 3 kali dan sekali imbang saja di sisa 6 pertandingan mereka. Dengan demikian maka perolehan poin akhir Thailand dan Vietnam akan mentok di 14 angka saja.

Dengan demikian, Timnas Indonesia akan berhak menempati posisi ke-2 dibawah Uni Emirat Arab. Tapi tunggu dulu, ada satu syarat lagi Timnas Indonesia untuk lolos ke fase selanjutnya.

© PSSI
Simon McMenemy saat Timnas Indonesia dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (11/10/19) malam WIB. Copyright: PSSISimon McMenemy saat Timnas Indonesia dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19) malam WIB.

Menjadi Runner Up Terbaik

Yaitu, menjadi salah satu dari 4 atau 5 runner up terbaik dari 8 grup kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Jatah runner up terbaik yang lolos ke fase selanjutnya akan menjadi 5 apabila Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dipastikan lolos dari kualifikasi.

Melihat peta persaingan di klasemen sementara runner up terbaik, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk mengejar Kuwait yang baru mengemas 4 poin. Kuwait sendiri menjadi batas akhir karena menempati posisi 5 dalam klasemen sementara runner up terbaik.

Jadi pada intinya, Timnas Indonesia tetap memiliki peluang lolos ke Piala Dunia meski dibantai UEA, dengan catatan menang di sisa 5 laga sembari berharap tim pesaing alami nasib sial sehingga berhak jadi runner up terbaik.

IDS Emoticon Suka
Suka
4%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
16%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
36%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
12%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
4%
IDS Emoticon Takut
Takut
4%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
12%
IDS Emoticon Marah
Marah
12%