Liga Indonesia

Simon McMenemy Kalah Kelas! Pelatih Uni Emirat Arab Adalah Finalis Piala Dunia

Kamis, 10 Oktober 2019 09:50 WIB
Editor: Coro Mountana
© ABC
Pelatih Uni Emirat Arab, Bert van Marwijk. Copyright: © ABC
Pelatih Uni Emirat Arab, Bert van Marwijk.

INDOSPORT.COM – Jelang lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, suporter Timnas Indonesia perlu tahu kalau Simon McMenemy kalah kelas dibanding pelatih Uni Emirat Arab.

Bert van Marwijk namanya, pria asal Belanda ini memiliki sejumlah medali bergengsi di lemarinya. Ketimbang pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, jelas Bert van Marwijk jauh berada di atas pria asal Skotlandia itu.

Pencapaian terbaik Simon McMenemy selama berkecimpung di dunia sepak bola sebagai pelatih adalah membawa Bhayangkara FC jadi juara Liga 1 dan Timnas Filipina ke semifinal Piala AFF untuk pertama kali.

Sedangkan Bert van Marwijk, ternyata ia pernah mengantarkan Timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010. Padahal Belanda saat itu tidak diunggulkan karena mereka sudah sangat lama mencapai final Piala Dunia sejak 1978.

Bermaterikan pemain yang sudah uzur seperti Giovanni van Bronckhorst dan Mark van Bommel, Belanda saat itu berhasil dibawa hingga ke 8 besar dengan aman dan selamat. Rintangan bagi Bert van Marwijk baru hadir ketika mencapai perempatfinal Piala Dunia dengan bertemu Brasil.

Sempat tertinggal akibat gol cepat dari Robinho, Belanda berhasil membalikan keadaan melalui brace dari Wesley Sneijder. Di semifinal pun tak mudah bagi Bert van Marwijk karena mereka dihadang oleh tim kuda hitam, Uruguay.

Diego Forlan yang saat itu sedang on fire sangatlah merepotkan Belanda. Beruntung gol pembuka nan cantik dari pemain keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst di menit 18 mampu meredakan ketegangan Belanda hingga akhirnya mereka menang 3-2.

Sayang langkah Belanda asuhan Bert van Marwijk harus terhenti di final setelah Andreas Iniesta mencetak gol tunggal bagi Spanyol. Meski begitu, capaian Bert van Marwijk begitu bersejarah dan sebagai bukti kalau dirinya memang sosok pelatih berkelas.

Simon McMenemy boleh kalah kelas dari Bert van Marwijk yang merupakan finalis Piala Dunia, tapi berkat kerja keras dan disiplin, bukan tak mungkin Timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan ke Uni Emirat Arab dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%