Liga Indonesia

3 Pesepakbola Muda Indonesia yang Pernah Menyambung Hidup di Jepang

Sabtu, 12 Oktober 2019 18:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© parceiro.co.jp
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro. Copyright: © parceiro.co.jp
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

INDOSPORT.COM - Jepang menjadi salah satu tujuan bagi pemain sepak bola muda Indonesia untuk menimba ilmu dan pengalaman selain di Eropa.

Tidak dapat dimungkiri, Jepang merupakan negara terbaik di Asia jika bicara urusan sepak bola. Selain kompetisi yang ketat, Jepang juga menawarkan pembinaan usia muda yang berkualitas.

Di level senior, Irfan Bachdim pernah mencicip kompetisi sepak bola Jepang bersama Consadole Sapporo pada musim 2016, meski di kasta kedua (J2-League).

Jauh ke belakang, Ricky Yakobi yang bersinar bersama Arseto Solo pernah menarik minat klub Liga Jepang, Matsushita FC (sekarang Gamba Osaka), pada tahun 1988.

Kini, pemain-pemain muda Indonesia mulai mencoba peruntungan di Jepang, baik itu sekadar trial maupun mencicipi langsung kompetisinya.

Maka dari itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT menghadirkan tiga pesepak bola muda Indonesia yang pernah menyambung hidup di Jepang.