Liga Inggris

Manchester United Diperkirakan Tak Akan Pecat Solskjaer, Ini Alasannya

Sabtu, 12 Oktober 2019 16:19 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GettyImages
Rio Ferdinand menjelaskan alasan kenapa Manchester United tidak akan memecat Ole Gunnar Solskjaer meskipun dianggap kurang mampu melatih klub Setan Merah itu. Copyright: © GettyImages
Rio Ferdinand menjelaskan alasan kenapa Manchester United tidak akan memecat Ole Gunnar Solskjaer meskipun dianggap kurang mampu melatih klub Setan Merah itu.

INDOSPORT.COM - Rio Ferdinand menjelaskan alasan kenapa Manchester United tidak akan memecat Ole Gunnar Solskjaer meskipun ia dianggap kurang mumpuni membawa kejayaan bagi klub sepak bola Liga Inggris tersebut.

Sampai pekan ke-8 Liga Inggris 2019-2020, Manchester United hanya mampu menempati peringkat 12 dengan dua kali menang, tiga kali imbang, dan tiga kali kalah. Hasil buruk tersebut membuat mereka hanya mengumpulkan sembilan poin, terpaut 15 poin dari Liverpool di pucuk klasemen.

Bahkan, klub yang berjuluk Setan Merah itu masih terpaut lima poin dari Leicester di peringkat empat (zona terakhir Liga Champions musim depan). Mereka juga hanya selisih dua poin dari Everton di Zona degradasi yang baru bisa menorehkan tujuh poin saja.

Oleh karena itu, muncul rumor bahwa pihak Setan Merah akan segera mendepak Ole Gunnar Solskjaer dari kursi kepelatihan Manchester United. Beberapa nama seperti Thomas Tuchel dan Laurent Blanc dikait-kaitkan bakal mengisi posisi Solskjaer dalam waktu dekat.

Akan tetapi, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Goal, Rio Ferdinand yang merupakan mantan bek tengah Manchester United, justru berkata bahwa klub sepak bola Liga Inggris tersebut tidak mungkin semudah itu memecat Solskjaer.

"Tidak mungkin Manchester United punya pemikiran seperti itu. Mereka tidak senaif itu untuk berpikir bahwa mereka akan dengan sebegitu mudahnya mengganti pelatih. Karena, saya yakin kesulitan Solskjaer ini dikarenakan dia belum mapan di klub tersebut," ujar Ferdinand.

"Sering terjadi sebuah klub justru terpuruk setelah mendapatkan rekrutan baru. Apalagi Manchester United saat ini memiliki beberapa pemain muda yang belum begitu berpengalaman. Itulah alasan saya tidak melihat situasi ini sebagai alasan untuk mengganti pelatih," pungkasnya.

Apa yang dikatakan sosok berusia 40 tahun itu masuk akal. Perlu diketahui, Sir Alex Ferguson pertama kali melatih Manchester United pada 1986. Namun, ia baru mampu memberikan gelar juara pada klub di 1989-1990, dimana mereka menjuarai Piala FA. 

Dilihat dari data tersebut, Ferguson membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk memberikan gelar juara Piala FA bagi Setan Merah dan sekitar enam tahun untuk menjuarai Liga Inggris. Sementara itu, Solskjaer sendiri baru menjabat sebagai pelatih Manchester United dari 2018 yang lalu.

Dengan ini, kemungkinan besar memang Ole Gunnar Solskjaer masih membutuhkan waktu untuk bisa mengembalikan kejayaan klub sepak bola Liga Inggris tersebut. Jika musim ini mereka kembali gagal juara atau gagal finis di empat besar, bisa jadi mereka mampu melakukannya di musim depan atau di musim depannya lagi.