Liga Indonesia

5 Stadion yang Bisa Jadi Tempat Persib Bandung Mengungsi di Liga 1

Minggu, 13 Oktober 2019 13:37 WIB
Editor: Coro Mountana
© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Persib Bandung kini sedang disibukan mencari stadion pengganti untuk laga kandangnya dalam lanjutan ajang Liga 1.

Sebagai contoh dalam laga Persib Bandung yang akan menjamu Persebaya Surabaya pada Jumat (18/10/19) mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Alasan di balik pemindahan kandang itu sendiri dikarenakan alasan keamanan mengingat situasi politik nasional sedang memanas.

Oleh karena itu, memindahkan laga kandang menjadi satu solusi buat menimalisir hal yang tak diinginkan. Selain itu, dengan memindahkan stadion kandang membuat kemungkinan pertandingan Persib Bandung di Liga 1 ditunda menjadi berkurang.

Karena pada dasarnya laga ditunda justru hanya merugikan bagi Persib Bandung karena jadwal molor yang membuat jumlah laga yang akan dimainkan menjadi sangat padat di akhir. Lantas stadion mana saja yang bisa dijadikan Persib sebagai tempat mengungsi di Liga 1?

Stadion Kapten I Wayan Dipta

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTStadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Tentu sudah dijelaskan tadi kalau Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi tempat yang dipilih untuk laga kandang menjamu Persebaya Surabaya. Pemilihan Stadion Kapten I Wayan Dipta sendiri cukup masuk akal.

Karena, kandang dari Bali United itu kini telah masuk menjadi jajaran stadion paling mewah di Liga 1. Berkapasitas 22.931 dengan dilengkapi lampu LED, membuat kesan mewah bagi Stadion Kapten I Wayan Dipta di mana jangan lupakan juga kualitas lampu sorot yang sudah sesuai standar AFC.

Stadion Batakan

© Indosport/Teddy Rumengan
Kondisi lapangan Stadion Batakan yang disebut berkualitas internasional. Copyright: Indosport/Teddy RumenganKondisi lapangan Stadion Batakan yang disebut berkualitas internasional.

Jika Persib Bandung ingin bermain di luar pulau Jawa, maka Stadion Batakan, kandang Persiba Balikpapan, Kalimantan Timur dapat menjadi destinasi yang bagus. Stadion yang disebut mirip dengan Emirates milik Arsenal itu memiliki fasilitas yang cukup mewah.

Dengan kapasitas mencapai 40.000, rasanya itu cukup untuk menampung antusiasme Bobotoh dalam memberikan dukungan kepada Persib Bandung.

Stadion Maguwoharjo

© radarjogja.jawapos.com
Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta. Copyright: radarjogja.jawapos.comStadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Jika Stadion Batakan disebut mirip dengan Emirates, maka Stadion Maguwoharjo milik PSS Sleman dikatakan sebagai San Siro mini yang mana itu merupakan kandang dari AC Milan dan Inter Milan. Dengan kapasitas mencapai 40.000, Maguwoharjo termasuk besar untuk ukuran Liga 1.

Yang spesial dari Stadion Maguwoharjo adalah jenis rumput yang dipakai yaitu Zoysia Matrella (ZM), di mana itu merupakan yang terbaik atau kelas satu untuk lapangan sepak bola. Sistem drainase-nya juga bagus sehingga masih bisa menyelenggarakan laga ketika hujan datang.

Stadion Gelora Sriwijaya

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Stadion Gelora Sriwijaya, markas Sriwijaya FC, tampang lengang miskin penonton. Foto: Muhammad Effendi Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTStadion Gelora Sriwijaya, markas Sriwijaya FC. Foto: Muhammad Effendi

Di Sumatera juga ada satu stadion yang memiliki kualitas kelas atas dan cocok untuk dijadikan laga kandang bagi Persib Bandung. Yaitu, kandang Sriwijaya FC yaitu Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, Sumatera Utara.

Perlu diketahui Stadion Gelora Sriwijaya sudah sering menggelar event penting seperti tuan rumah Piala Asia 2007 dan Asian Games 2018 bersama Gelora Bung Karno. Dengan kapasitas mencapai 30.000 penonton dan ruang anti peluru serta landasan helikopter membuat stadion ini mewah.

Stadion Aji Imbut

© http://nysnmedia.com
Stadion Aji Imbut Copyright: http://nysnmedia.comStadion Aji Imbut

Terakhir ada stadion Aji Imbut milik Mitra Kukar yang kini sedang berjuang di Liga 2 untuk promosi kembali ke Liga 1 musim depan. Stadion Aji Imbut memiliki banyak keunikan sehingga menarik jika Persib memilih stadion ini sebagai tempat mengungsi sementara.

Bentuk atap dari stadioin Aji Imbut ternyata memiliki kemiripan dengan stadion Sapporo, di Jepang di mana jenisnya adalah membrane. Semakin unik karena tribune utara dan selatannya tidak ada, lalu lintasan atletik berwarna biru, sesuai dengan warna kebesaran Persib.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%