Liga Italia

Baru Gabung, Stefano Pioli Sudah Lakukan 3 Perubahan Ini di AC Milan

Minggu, 13 Oktober 2019 21:29 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Gabriel Maltinti/GettyImages
Stefano Pioli, resmi latih AC Milan Copyright: © Gabriel Maltinti/GettyImages
Stefano Pioli, resmi latih AC Milan

INDOSPORT.COM - Sejumlah perubahan sudah mulai diterapkan oleh pelatih Stefano Pioli ke tubuh klub Serie A, AC Milan

Klub sepak bola Italia, AC Milan resmi mengumumkan pelatih barunya pengganti Marco Giampaolo, yakni Stefano Pioli.

Marco Giampaolo didepak dari kursi kepelatihannya di AC Milan pada Rabu, 9 Oktober 2019. Hal itu karena eks pelatih Sampdoria tersebut belum mampu mengangkat performa AC Milan. 

Kehadiran Pioli sendiri sempat ditentang oleh banyak fans Rossoneri. Akan tetapi, Pioli mengaku tetap optimis untuk membawa kesuksesan ke AC Milan dengan pendekatan yang dimilikinya.

Tanda-tanda itu pun sudah mulai terlihat lewat perubahan yang mulai dilakukannya di tubuh AC Milan. Apa saja perubahan-perubahan itu? Berikut ulasannya. 

1. Kembali ke 4-3-3

Stefano Pioli mencoba mengambil keputusan radikal dengan kembali menggunakan formasi 4-3-3 di AC Milan. 

Sejak dipegang Marco Giampaolo, AC Milan (yang di bawah Gennaro Gattuso main dengan 4-3-3) beralih ke 4-3-1-2. Bahkan, sejumlah pemain bintang didatangkan untuk menunjang formasi ini. 

Akan tetapi, sepertinya Milan di bawah Stefano Pioli bakal kembali ke formasi 4-3-3. Hal ini terlihat dari latihan uji coba yang dilakukan tim utama saat menghadapi tim primavera. 

Pada laga uji coba yang berlangsung Sabtu (12/10/19) kemarin, AC Milan menang 4-0 atas tim primavera (U-19) dengan menggunakan formasi 4-3-3. 

2. Ubah Cara Makan Pemain 

Stefano Pioli benar-benar membawa konsep baru dalam melatih AC Milan. Baru-baru ini terungkap, Pioli menggunakan cara khusus dalam menjaga kesatuan tim. 

Sebagai langkah awal, Pioli mengubah cara para pemain makan. Dikutip dari La Gazzetta dello Sport, Pioli meminta kepada semua pemain Milan untuk makan bersama mengelilingi sebuah meja yang panjang. 

Dengan cara ini, ia berharap para pemain bisa duduk bersama dan berbincang sembari makan. Ruang makan di markas Milan sendiri sebelumnya diisi oleh banyak meja kecil. Hal ini memaksa pemain makan secara terpisah ke dalam grup-grup kecil. 

3. Energi Baru untuk Tim

Kedatangan Stefano Pioli memberikan energi baru bagi tim AC Milan. Semenjak Pioli datang, akun resmi twitter AC Milan gemar mengawal latihan yang dipimpin oleh Stefano Pioli. 

Tak seperti saat masih dipegang Giampaolo, terlihat sekali ada keceriaan dan keguyuban di tim AC Milan. 

Tak hanya itu, sejumlah pemain yang jarang tampil pun mendapat ekspos yang cukup banyak. Misalnya saja Bonaventura, atau Marco Brescianini yang mencetak hattrick ke gawang Milan Primavera. 

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%