Liga Indonesia

4 Pemain yang Perlu Dicadangkan Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam

Selasa, 15 Oktober 2019 11:13 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan melakoni lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan meladeni Vietnam pada Selasa (15/10/19) hari ini.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Timnas Indonesia dihadapkan pada laga hidup mati wajib menang atas Vietnam. Pasalnya, di 3 laga sebelumnya, Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Uni Emirat Arab (0-5), Malaysia (2-3), dan Thailand (0-3).

Andai di laga melawan Vietnam kembali Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan lagi, maka peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022 pun otomatis tertutup. Untuk itu, pelatih Simon McMenemy perlu serius memikirkan cara agar Timnas Indonesia mampu mengalahkan Vietnam,

Segala cara atau taktik perlu diperhitungkan oleh pelatih Simon McMenemy, termasuk mencadangkan sejumlah pemain yang dinilai belum perform di laga sebelumnya. Siapa sajakah pemain Timnas Indonesia yang perlu dicadangkan jelang Timnas Indonesia vs Vietnam?

Zulfiandi

© Screenshoot.
Zulfiandi. Copyright: Screenshoot.Zulfiandi.

Pertama ada gelandang bertahan, Zulfiandi yang perlu diistirahatkan sejenak dalam laga melawan Vietnam. Blundernya di laga melawan Uni Emirat Arab menjadi satu catatan minor Zulfiandi karena ujungnya adalah gol kedua yang meruntuhkan mental Timnas Indonesia.

Tapi terlepas dari itu, memang Zulfiandi adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di Timnas Indonesia. Hanya saja pertahanan yang kerap rapuh di kualifikasi Piala Dunia 2022 tentu menjadi pertanda kalau Zulfianfi kurang perform selama membela Timnas Indonesia.

Andik Vermansah

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andik Vermansah, Beto Goncalves dan Irfan Bachdim merayakan gol ke gawang Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAndik Vermansah, Beto Goncalves dan Irfan Bachdim merayakan gol ke gawang Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Andik Vermansah memang menawarkan kecepatan dan dribbling yang sangat apik dan kerap mengacak-acak pertahanan lawan. Akan tetapi di laga melawan Uni Emirat Arab, tampak beberapa kali pengambilan keputusannya saat memberikan end passing masih mentah.

Sehingga seringkali akselerasi brilian Andik Vermansah akan terbuang sia-sia ketika operan Andik Vermansah tidak menemui sasaran. Terlebih disadari atau tidak pertahanan tim lawan lambat laun mulai mengetahui cara menghentikan akselerasi Andik Vermansah.

Irfan Bachdim

© ibachdim
Irfan Bachdim saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Copyright: ibachdimIrfan Bachdim saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Masuknya nama Irfan Bachdim dalam skuat Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy sejatinya memang cukup mengejutkan. Pasalnya penampilan Irfan Bachdim di Liga 1 saja bersama Bali United tidaklah mengesankan.

Sebenarnya dalam laga melawan Uni Emirat Arab, penampilan Irfan Bachdim tidaklah buruk hanya saja ketika dirinya terisolasi oleh pertahanan lawan, ia langsung tak bisa berbuat apa-apa. Selain itu, Irfan Bachdim juga kerap melepaskan umpan yang tepat mengenai sasaran.

Beto Goncalves

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBeto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Terakhir ada Beto Goncalves yang sempat tampil cemerlang di laga pembuka kualifikasi Piala Dunia dengan mencetak brace melawan Malaysia. Akan tetapi sudah dua laga, Beto Goncalves alami kemandulan kala menghadapi Thailand dan Uni Emirat Arab.

Terisolasi dan usia yang sudah uzur membuat Beto Goncalves seperti tak terlihat dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia. Mungkin sudah saatnya, Simon McMenemy mencari sosok penyerang lain yang bisa menggantikan peran Beto ketiga sedang buntu.