Bola Internasional

Media Asing Sebut Timnas Indonesia U-23 Masuk Grup ‘Kematian’ di SEA Games 2019

Selasa, 15 Oktober 2019 16:55 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PSSI
Timnas Indonesia U-23 disebut menghuni grup 'kematian' di ajang SEA Games 2019. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-23 disebut menghuni grup 'kematian' di ajang SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal menghadapi lawan-lawan berati di cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2019 yang akan digelar di Manila, Filipina. Bahkan, media asing asal Amerika Serikat, FOX Sports, menyebut skuat Garuda Muda berada di group of death alias grup ‘kematian’.

Undian cabor sepak bola putra SEA Games 2019 telah digelar pada Selasa (15/10/19) di Hotel Sofitel, Manila. Hasil undian tersebut menghasilkan Grup B sebagai grup neraka karena dihuni oleh tiga tim besar Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Thailand yang notabene adalah juara bertahan cabor sepak bola SEA Games akan saling sikut dengan Vietnam dan Indonesia. Persaingan di Grup B akan semakin sengit karena juga ada Singapura.

Namun, keempat negara tersebut tak boleh meremehkan keberadaan Laos dan Brunei Darussalam. Laos dan Brunei Darussalam yang menempati pot ketiga undian cabor sepak bola SEA Games 2019 punya potensi untuk menciptakan kejutan di Grup B.

Berbeda dengan Grup B yang dihuni oleh tim-tim kuat, maka peta persaingan di Grup A bisa dibilang relatif mudah. Bermain di kandang, Filipina patut diunggulkan menemani Malaysia sebagai dua tim terbaik dari Grup A.

Sementara peluang tiga kontestan Grup A lainnya, yakni Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste, untuk melaju ke babak semifinal terbilang cukup berat.

Ajang SEA Games 2019 sendiri akan dilangsungkan akhir tahun ini. Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu akan dilaksanakan dari 30 November hinga 11 Desember. Sedangkan untuk cabor sepak bola, fase grup akan dimulai pada 26 November dan perebutan medali emas digelar pada 10 Desember.