Liga Italia

Ada Juara Piala Dunia, Ini 3 Jebolan Klub Italia yang Dibeli Pengusaha Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2019 18:24 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Nicolo Barella, pernah menimba ilmu di Como semasa muda. Copyright: © Getty Images
Nicolo Barella, pernah menimba ilmu di Como semasa muda.

INDOSPORT.COMComo FC menjadi sorotan pecinta sepak bola Tanah Air usai resmi diakuisisi SENT Entertainment selaku anak perusahaan grup Djarum. Seperti banyak tim kecil Italia lainnya, Como berpartisipasi menghasilkan bakat sepak bola kelas dunia.

Mayoritas pemain yang dihasilkan Como berkewarganegaraan Italia. Namun, klub asal Lombardia ini juga tak menutup pintu untuk bintang yang berasal dari luar Italia. Meski tak bergelimang trofi, mereka berperan menghasilkan dua pemain juara dunia.

Dengan kucuran dana dari Grup Djarum, tim peserta Serie C Italia ini tentu berpeluang mengulangi prestasi tersebut. Terlebih, adanya fasilitas latihan dan staf berkualitas akan sangat membantu. Mereka sendiri pun berpotensi naik ke kasta tertinggi dalam beberapa tahun ke depan.

Berikut ini, INDOSPORT akan menyajikan profil singkat mengenai tiga bintang yang dibina oleh Como semasa mudanya. Dari ketiganya, dua nama telah menjadi legenda. Sedangkan, satu pemain dipercaya bakal menjadi bintang di masa depan.

Gianluca Zambrotta

©
Caption Copyright: Gianluca Zambrotta merupakan salah satu jebolan tersukses sukses akademi Como.

Zambrotta merupakan bek Timnas Italia asuhan Marcelo Lippi yang menjuarai Piala Dunia 2006. Ia merupakan produk akademi Como pada 1992-94 sebelum akhirnya bersinar bersama klub top dunia seperti Juventus, Barcelona, dan AC Milan.

Setelah bermain di akademi Como, ia sempat membela klub senior tim tersebut pada 1994-97. Sepanjang waktu tersebut, Como berkutat di Serie B dan C Italia. Dalam tiga musimnya di Como, ia mengemas 50 penampilan dan enam gol.

Marco Tardelli

© sporteology
Caption Copyright: sporteologyMarco Tardelli, Legenda Juventus yang pernah bermain semusim di Como

Tardelli merupakan legenda Italia yang aktif bermain pada 1972-1988. Ia membela Como di Serie B Italia pada awal kariernya, tepatnya musim 1974/75. Pemain berposisi gelandang ini kemudian mencetak dua gol dari 36 penampilan.

Setelah bersinar bersama Como, ia langsung dibeli oleh Juventus pada 1975/76. Dalam sepuluh musimnya membela Bianconeri, ia berhasil mempersembahkan 11 trofi. Ia bahkan membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1982.

Nicolo Barella

© twitter.com/@azzurri
Gelandang Inter Milan, Nicolo Barella saat pertandingan Kualifikasi Euro 2020 antara Italia vs Yunani Copyright: twitter.com/@azzurriGelandang Inter Milan, Nicolo Barella, pernah dipinjamkan ke Como pada musim 2015/16.

Sosok Barella baru saja naik ke permukaan usai ditebus Inter Milan dari Cagliari pada bursa transfer musim panas 2019/20. Meski bukan produk akademi asli Como, ia pernah membela klub tersebut pada paruh kedua musim 2015/16.

Saat itu, Barella dipinjamkan ke Como dari Cagliari demi menambah jam terbang. Ia kemudian mencatatkan 16 penampilan di kancah Serie B Italia. Setelahnya, ia langsung meroket bersama Cagliari dan menembus Timnas Italia pada 2018.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%