Liga Champions

Disogok Jam Tangan Mewah, Sir Alex Ferguson Terseret Match Fixing Liga Champions

Jumat, 18 Oktober 2019 08:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, dituduh telah menerima hadiah jam tangan mewah dalam kasus pengaturan skor (match fixing) Liga Champions.

Dilansir dari Sport Mirror, agen sepak bola, Giuseppe Pagliara, mengakui bahwa dia telah memberi hadiah berupa jam tangan merek Rolex senilai 30.000 pound (sekitar Rp 546 juta) kepada Sir Alex Ferguson.

Pemberian jam tangan itu dimaksudkan sebagai imbalan atas pengaturan skor yang dilakukan sang pelatih dalam pertandingan Liga Champions yang mempertemukan antara Manchester United vs Juventus.

“Di akhir pertemuan (dengan Nawell), Pagliara menuduh Sir Alex Ferguson telah berkonspirasi untuk match fixing pertandingan kontra Juventus, klub yang dikaitkan dengan Pagliara, dan Manchester United di Liga Champions,” kata Jaksa Brian O’Neiil dalam pernyataannya.

“Pagliara mengucapkan terima kasih kepada Ferguson dengan memberi jam tangan Rolex emas senilai 30.000 pound,” lanjut pernyataan itu.

Perlu diketahui, Pagliara tengah diadili karena dugaan suap di Pengadilan Southwark Crown bersama asisten pelatih Barnsley, Tommy Wirght, dan rekan agennya Dax Price. Namun, ketiganya menyangkal tuduhan tersebut.

Sebelum diseret di pengadilan, Pagliara juga sudah mengakui kepada seorang jurnalis Inggris yang menyamar, Claire Newell, bahwa sang agen dan Ferguson kerap bekerja sama mencari keuntungan pribadi dari transaksi bursa transfer pemain.

Tidak hanya berkicau soal sogokan kepada Ferguson, Pagliara juga mengaku berhubungan dekat dengan eks manajer timnas Inggris, Steve McLaren, mantan pelatih Portsmouth dan Tottenham, Harry Redknapp, dan manajer Cardiff City, Neil Warnock.

Sir Alex Ferguson merupakan salah satu manajer sepak bola terbaik sepanjang masa. Bersama Manchester United, pria berusia 77 tahun itu telah memenangi lebih banyak trofi dibandingkan manajer sepak bola lainnya.

Ferguson memenangi 38 trofi, termasuk 13 gelar Liga Inggris, dua Liga Champions dan lima Piala FA selama 26 tahun mengabdi di Old Trafford.