Liga Inggris

Jurgen Klopp Buktikan Prediksi Sir Alex Ferguson Tepat 100 Persen

Senin, 14 Oktober 2019 14:59 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp sukses membuktikan prediksi Sir Alex Ferguson beberapa tahun silam. Ryan Pierse/GettyImages. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp sukses membuktikan prediksi Sir Alex Ferguson beberapa tahun silam. Ryan Pierse/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Ikon pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, pernah memprediksi Liverpool akan bangkit di era Jurgen Klopp. Benar saja, Klopp kini telah membuktikan prediksi tersebut tepat.

Kebangkitan Liverpool sangat ditakutkan oleh rival abadi mereka di Liga Inggris, Manchester United. Bahkan, Ferguson telah memprediksi Klopp bisa membawa The Reds sukses.

"Dia bekerja sangat baik dan mengembalikan antusiasme di Liverpool. Dalam dua dekade terakhir, Liverpool telah berganti pelatih tanpa membangun identitas diri," ucap Sir Alex Ferguson pada tahun 2016 silam, dikutip dari laman Mirror.

"Sekarang Anda melihat mereka sangat diperhitungkan tahun ini. Anda bisa melihat pengaruh Klopp di sisi lapangan, dan saya yakin dia juga melakukan hal yang sama di pelatihan. Saya khawatir dengannya karena satu hal yang Manchester United takutkan adalah Liverpool berada di atas kami," tambahnya.

Nyatanya, kebangkitan Liverpool sendiri semakin terlihat saat dipegang oleh Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu membuktikan prediksi Ferguson jadi kenyataan seiring berjalannya waktu.

Sebab, sejak kedatangan Jurgen Klopp pada tahun 2015 silam, Liverpool kini perlahan-lahan mulai menunjukkan tajinya. Buktinya, The Reds sudah memenangkan trofi bergengsi Liga Champions berkat tangan dingin Klopp.

Selain itu, Liverpool juga semakin menunjukkan konsistensi di Liga Inggris 2019-2020. Klub yang bermarkas di Anfield tersebut sedang bagus-bagusnya dengan menyabet kemenangan beruntun dalam delapan pertandingan awal musim.

Pencapaian itu otomatis membuat Liverpool bertengger di pemuncak klasemen sementara dan memiliki jarak 8 poin dari saingan terdekatnya, Manchester City.

Di sisi lain, Manchester United tengah terpuruk. Bahkan, Setan Merah kini hanya meraih dua kemenangan dari delapan laga yang dilakoninya di Liga Inggris, yang membuat mereka duduk di posisi ke-12, berjarak 2 poin dari zona degradasi.