Liga Indonesia

Siap Jadi Pelatih, Eks Bintang Timnas dan Persipura Ambil Lisensi AFC

Jumat, 18 Oktober 2019 17:38 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Dok Stevie Bonsapia
Mantan Pemain Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia U-23, Stevie Bonsapia (tengah) yang kini berprofesi sebagai karyawan Bank Papua. Copyright: © Dok Stevie Bonsapia
Mantan Pemain Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia U-23, Stevie Bonsapia (tengah) yang kini berprofesi sebagai karyawan Bank Papua.

INDOSPORT.COM - Mantan penggawa Tim Nasional Indonesia dan Persipura Jayapura, Stevie Bonsapia rupanya tak bisa jauh dari dunia sepak bola. Meski disibukkan dengan profesi barunya sebagai karyawan Bank Papua, Stevie kini tengah bersiap untuk menekuni dunia kepelatihan.

Keinginannya untuk melatih nampaknya bakal terkabul setelah dirinya baru saja mengikuti tes lisensi C AFC di Jakarta, sejak berapa hari lalu.

Stevie mengikuti lisensi tersebut bersama mantan pemain PSIS Semarang dan Timnas U-20, Julian Kusuma serta mantan pemain Timnas dan Persija Jakarta, Warsidi.

"Iya, saya lagi ambil lisensi kepelatihan C AFC di Jakarta, instrukturnya coach Zainal Abidin dan coach Kipnu," ujar Stevie saat dihubungi awak berita olahraga INDOSPORT, Jumat (18/10/19).

Dirinya mengungkapkan, niatnya untuk menjadi pelatih sudah sejak lama. Ia ingin ikut terlibat dalam pembinaan usia dini atau bakat-bakat muda pesepakbola Papua.

Stevie juga menuturkan, setelah mengantongi lisensi nantinya, ia akan mengawali kepelatihannya di SSB Kayo Pulo di Jayapura.

"Kenapa saya mau ambil lisensi, karena untuk melatih adik-adik saya di Papua supaya menjadi pemain yang berhasil dan sukses sebagai pemain sepak bola. Saya akan melatih di SSB Kayo Pulo Jayapura," ungkapnya.

Meski akan kembali menggeluti dunia sepak bola, namun Stevie mengaku tak merasa terganggu dengan profesinya sebagai karyawan Bank Papua. Ia akan melatih di saat akhir pekan.

"Tetap pekerjaan di kantor jadi yang utama, mungkin saya bisa melatih disaat akhir pekan, Sabtu atau Minggu," pungkasnya.