Liga Indonesia

Jadi Pelatih di Belanda, Eks Striker Naturalisasi Diminta Tangani Timnas Indonesia

Sabtu, 19 Oktober 2019 15:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© VICE Sports
Jhonny van Beukering Copyright: © VICE Sports
Jhonny van Beukering

INDOSPORT.COM - Mantan striker naturalisasi yang kini beralih profesi menjadi pelatih, Jhonny Van Beukering, diminta untuk kembali ke Tanah Air dan mengambil alih kursi kepelatihan timnas Indonesia.

Sekedar mengingatkan, Simon McMenemy didesak mundur dari jabatannya usai gagal membawa Indonesia bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Luis Milla dan Seto Nurdiantoro sejauh ini dijagokan sebagai kandidat pengganti, namun belakangan beredar pula nama Jhonny Van Beukering yang secara tak terduga turut meramaikan polemik tersebut.

Permintaan agar Van Beukering mengambil alih timnas Indonesia muncul setelah pelatih kelahiran Belanda tersebut mengunggah foto misterius di akun Instagram pribadinya, Jumat (19/10/19).

Unggahan itu baru menjaring satu komentar, tapi langsung membuat publik sepak bola Indonesia gempar karena artinya timnas memiliki opsi lain saat menunjuk pelatih anyar.

“Pemain naturalisasi ini sudah menjadi pelatih. Kapan melatih Timnas Indonesia, mungkin nanti Timnas lebih baik lagi dengan kepemimpinanmu,” tulis akun bernama Ari Lubis.

© Instagram @jhonnyvanbeukering
Jhon van Beukering diharapkan latih Timnas Indonesia. Copyright: Instagram @jhonnyvanbeukeringJhon van Beukering diharapkan latih Timnas Indonesia.

Permintaan ini bukan tidak mungkin akan terwujud. Ditelusuri lewat Instagram pribadinyanya, pelatih berusia 36 tahun rupanya masih menaruh perhatian pada perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya timnas.

Hal ini terlihat saat dia mengunggah foto para pemain timnas senior sedang menjalani sesi latihan dan menambahkan emoji jempol dan simbol hati pada postingan itu.

Van Beukering pernah sangat tenar di Indonesia berkat tren naturalisasi pemain. Dia pernah membela timnas Indonesia di Piala AFF 2012 bersama dua pemain naturalisai lain, yakni Tonnie Cusell Lilipaly dan Rapahael Maitimo

Pasca-gantung sepatu, Jhonny Van Beukering lantaran mengabdikan diri sebagai pelatih di Belanda, khususnya beberapa tim junior, seperti Veluwezoom, AFC Arnhem, dan tentunya MASV.

Van Beukering kini melatih klub tempat kelahirannya, SC Veluwezoom, dan bertugas melatih tim U-13. Veluwezoom telah dianggap sebagai klub keluarga.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%