Liga Italia

Jika Merapat ke Como FC, Pemain Indonesia Berpeluang Main di Serie A Italia?

Minggu, 20 Oktober 2019 17:40 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Setelah Como FC dibeli anak usaha Grup Djarum, bukan tak mungkin suatu saat nanti ada pemain Tanah Air yang bisa bermain di ajang Serie A Italia. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Setelah Como FC dibeli anak usaha Grup Djarum, bukan tak mungkin suatu saat nanti ada pemain Tanah Air yang bisa bermain di ajang Serie A Italia.

INDOSPORT.COM – Setelah dibeli anak usaha Grup Djarum, Como FC 1907 ingin berupaya mendukung perkembangan sepak bola Indonesia. Jika melihat visi klub, bukan tak mungkin suatu saat nanti ada pemain Tanah Air yang bisa bermain di ajang Serie A Italia.

Dilansir dari situs Football Italia, Michael Gandler selaku CEO Como yang baru berencana membangun klub lewat pemain hasil akademi. Nantinya, jebolan tim muda Como diproyeksikan menjadi tulang punggung tim senior.

“Intinya, kami ingin memberikan kedekatan, dalam kata lain menjembatani, antara tim akademi dan tim senior. Jika nantinya berhasil promosi sampai ke Serie A Italia, kami tentu akan memberikan kesempatan kepada jebolan akademi,” ucap Gandler.

Untuk membina hasil akademi, Como akan melakukan pengembangan infrastruktur yang bisa menghasilkan produk berkualitas. Klub Serie C Italia ini tidak akan melakukan strategi seperti Manchester City yang langsung jor-joran beli pemain demi prestasi jangka pendek.

Di sisi lain, Mirwan Suwarso selaku perwakilan Mola TV menyatakan bahwa akuisisi Como salah satunya dilakukan untuk memfasilitasi perkembangan sepak bola Indonesia. Dalam waktu dekat, tim Garuda Select rencananya akan diberangkatkan ke sana.

Jika ada salah satu pemain Garuda Select yang membuat Como kepincut, bukan tak mungkin ia akan direkrut. Dengan visi jangka panjang tim, peluang adanya pemain Indonesia yang merumput di kasta tertinggi Liga Italia terbuka lebar.

Hingga saat ini, belum ada pemain asal Indonesia yang bermain di Serie A Italia. Sebenarnya, Emil Audero Mulyadi bisa saja masuk hitungan karena lahir di Mataram. Namun, kiper Sampdoria itu lebih memilih membela Timnas Italia di kancah internasional.