Liga Indonesia

Kekalahan Enam Gol Bali United Nodai Catatan Mengkilap Stefano Cugurra

Minggu, 20 Oktober 2019 13:21 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kekalahan enam gol dari Borneo FC bukan saja mencoreng perjalanan mulus Bali United di Shopee Liga 1 2019. Kekalahan ini juga menodai catatan mengkilap Stefano Cugurra Teco sebagai seorang pelatih profesional.

Teco punya prestasi luar biasa sebagai seorang pelatih. Saat awal kedatangan di Indonesia, tiga gelar diraih Teco bersama Persebaya Surabaya. Teco merasakan gelar Divisi Utama (Liga 1), Divisi Satu (Liga 2) serta Piala Gubernur Jawa Timur. 

Selain di Indonesia, Teco pun pernah menjadi staf pelatih Timnas Brasil U-17, serta melatih klub di Bahrain, Kuwait, Arab Saudi, Malaysia dan Thailand. Prestasi mengkilap didapatkan Teco. Bahkan dia jadi pelatih pertama yang meraih 50 kemenangan di Liga 1.

Namun, kekalahan atas Borneo FC 0-6 di Stadion Segiri Samarinda, Jumat (18/10/19) malam, menodai catatan prestasi Teco. Inilah kekalahan terbesar yang dialami Teco sepanjang jadi pelatih profesional.

"Pasti kecewa, ini terlalu banyak gol. Kamu bisa kalah, tapi kalau banyak gol seperti ini, tidak bagus pasti," ucap Teco saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (19/10/19) sore.

"Ini pertama kali saya kalah enam gol. Sebelumnya tidak pernah sebanyak ini selama jadi pelatih," lanjut pelatih Bali United asal Brasil ini.

Teco enggan menyalahkan satu individu. Dia punya prinsip, ketika sebuah tim menang, kemenangan tersebut merupakan hasil kerja keras semua bagian dalam tim. Begitu juga ketika kalah. Kekalahan tersebut merupakan kekalahan sebagai tim.

"Saya pasti akan lakukan evaluasi. Evaluasi ini bukan saja ketika kita kalah, tapi saat menang pun tetap saya lakukan evaluasi," tandas Teco.