Liga Indonesia

Bantai Bali United, Borneo FC Samai Rekor Klub Liga Spanyol

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:18 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Borneo FC tampil garang dengan melibas Bali United enam gol tanpa balas dalam lanjutan pekan ke-23 kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2019, Jumat (18/10/19) kemarin.

Tak hanya memberi Bali United kekalahan terbesarnya musim ini, hasil tersebut juga membuat Borneo FC menorehkan catatan apik lainnya. Berdasarkan data yang dihimpun dari akun Twitter @liga1statistics, Pesut Etam menjadi klub kedua yang berhasil mengalahkan tim besutan Stefano Cugurra dengan margin enam gol atau lebih.

Klub pertama yang berhasil mengalahkan tim asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra dengan selisih di atas enam gol adalah Espanyol. Klub peserta LaLiga Spanyol itu mengalahkan Persija Jakarta yang saat itu diasuh Teco dengan skor 7-0 pada sebuah laga uji coba yang digelar pertengahan Juli 2017 lalu.

Kini, Borneo FC berhasil menyamai rekor Espanyol sebagai klub yang mampu megalahkan tim asuhan Teco dengan selisih enam gol atau lebih. Pesut Etam pun boleh berbangga karena melakukannya di pertandingan resmi.

Sejak memulai karier sebagai pelatih di Indonesia pada tahun 2017 lalu, Stefano Cugurra memang belum pernah menderita kekalahan di atas tiga gol.

Sebelumnya, kekalahan terbesar yang pernah diderita pelatih asal Brasil itu adalah ketika masih menukangi Persija, yakni kalah 0-3 dari Persipura Jayapura (Liga 1 2017) dan Persebaya Surabaya (Liga 1 2018).

Seperti diketahui, Borneo FC berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 6-0 pada laga yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda. Terens Puhiri dan Renan Silva sama-sama memborong dua gol, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Lerby Eliandry dan Rifal Lastori.

Kemenangan telak tersebut membuat Borneo FC sukses menembus peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 37 poin. Sedangkan Bali United meskipun kalah telak tetap kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 48 angka.