In-depth

Dari Belanda Sampai Brasil, Daftar Pemain Asli dan Keturunan Indonesia di Luar Negeri

Senin, 21 Oktober 2019 19:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ilustrasi/INDOSPORT
Jack Brown, Darren Sidoel, dan Egy Maulana Vikri pemain Indonesia yang main di luar negeri Copyright: © Ilustrasi/INDOSPORT
Jack Brown, Darren Sidoel, dan Egy Maulana Vikri pemain Indonesia yang main di luar negeri

INDOSPORT.COM - Dari Belanda hingga ke negeri samba Brasil, berikut deretan pemain Indonesia yang sedang menjajah kompetisi elite di berbagai belahan dunia.

Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara dengan tingkat fanatisme sepak bola tertinggi di dunia. Tak heran dalam setiap pertandingan berbagai jenjang level umur, seisi stadion selalu penuh jika skuat Garuda tengah bertanding.

Walau saat ini kekuatan Timnas Indonesia tak terlalu menakutkan, namun banyak sekali bakat muda asli Tanah Air yang sukses meniti karier di luar negeri. Bahkan beberapa di antaranya mampu merengkuh juara dengan negara lain.

Beberapa bintang muda Indonesia yang kini sedang bersinar di luar negeri antara lain Jack Brown (Lincoln CFC/Inggris), Welber (Brasil) dan Yussa Nugraha (HBS Craeyenhout/Belanda).

Nama terakhir cukup menarik perhatian pecinta sepak bola Tanah Air. Yussa Nugraha yang kariernya sempat menurun lantaran cedera kembali berhasil bangkit dan mendapat menit bermain rutin di Liga Belanda.

"Aku bertahan selama 4 tahun di SC Feyenoord, tahun keempat (usia 16 tahun) aku mengalami cedera berat. Ligament bagian belakangku (PCL) putus dan aku harus naik meja operasi di RS Bronovo di kota Den Haag," ucap Yussa kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Dengan cedera parah tersebut, Yussa Nugraha pun harus menepi dari lapangan hijau dan menjalani operasi hingga pemulihan yang memakan waktu sangat lama.

Tak tanggung-tanggung, Yussa Nugraha yang telah mengenal dan bermain sepak bola sejak umur 8 tahun di Belanda tersebut harus menepi hampir semusim penuh tepatnya 10 bulan lamanya.

Walau cedera lama dan tak bermain selama hampir setahun penuh, Yussa Nugraha tetap tak kehilangan nalurinya dalam mengolah kulit bundar dan hanya berselang dua bulan setelah pemulihan ia pun langsung mendapat klub baru.

"Aku sekarang join dengan klub HBS di kota Den Haag yang bermain di 4e Divisie (kasta keempat Liga Belanda). Aku sengaja tinggalkan SC Feyenoord karena ingin kembalikan performance setelah jalani revalidasi panjang, kalau bertahan di SC Feyenoord pasti sering di bangku cadangan," ucap Yussa Nugraha.

Dengan usia yang masih belasan tahun, Yussa Nugraha saat ini tergabung ke dalam team U-19 HBS. Namun pada hari Minggu (13/10/19) lalu ia sempat dibawa ke tim Senior HBS-B untuk melakoni pertandingan liga.

Tak cuma Yussa Nugraha, penampilan serta prestasi gemilang juga berhasil diraih pemain muda Indonesia yang berada di luar negeri lain yakni Welberlieskott de Halim Jardim.

Wonderkid yang masih berusia 12 tahun tersebut berhasil menorehkan beberapa gelar juara di ajang internasional, bahkan pada tahun 2019 ini ia mampu membawa Tim Brasil menjuarai turnamen Gothia Cup dan Dana Cup.

Hebatnya lagi dalam ajang Dana Cup 2019 yang berlangsung di Denmark tersebut, Welber diganjar penghargaan pemain terbaik usai bermain sangat impresif dari babak penyisihan hingga partai final.

"Welber berhasil juara Dana Cup 2019, dan dia bikin gol juga di partai final saat melawan tim tuan rumah Skibby-Højene IF dari Denmark," ucap ibunda Welber, Lielyana Halim, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Welber juga mendapat gelar pemain terbaik," tambahnya.

Selain Welber dan Yussa Nugraha, masih banyak lagi pemain keturunan dan asli Indonesia yang bermain dan mentas di berbagai kompetisi sepak bola elite dunia.

Lebih lengkapnya berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum dan bagikan daftar para pemain Indonesia yang kini bermain di luar negri.

Pemain asli Indonesia

Belanda

Yussa Nugraha (HBS Craeyenhout)

Inggris

Jack Brown (Lincoln FC)
Elkan Baggot (Ipshwich)
Nathan Muskitta
Garuda Select II

Italia

Emir Eranoto (San Marco Juventini)
Lorenszo Pace (Vis Artena)

Brasil

Welber (Sao Paulo)

Spanyol

Helmy Putra Damanik ( CIA Amistad Palencia)
Nicholas Yohanes Pambudi

Polandia

Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk)

Qatar

Khuwalid Mustafa (Al-Duhail U-19)
Abdurrahman Iwan (Al Wakrah SC)
Andri Syahputra (Al-Gharafa Sports Club)

Malaysia

Saddil Ramdani (Pahang FA)

Thailand

Yanto Basna (Sukhothai FC)
Victor Igbonefo (PTT Rayong F.C.)

Timor Leste

Julian Mancini (Assalam FC)
Saddam Sudarma (Assalam FC)
Melkianus Wakerkwa (Karketu Dili)
Naftali Heluka (Karketu Dili)
Yance Wenda (Karketu Dili)

Pemain Keturunan Indonesia

Belanda

Keziah Veendorp (FC Emmen)

Navarone Foor (Vitesse Arnhem)
Thom Haye (ADO Den Haag)
Benjamin van Leer (Ajax)
Jaell Hattu (NEC U21)

Kroasia

Joey Suk (HNK Gorica)

Denmark

Kevin Diks (Aarhus GF)

Bulgaria

Darren Sidoel (FC Arda Kardzhali)
Nazario de Fretes (Spartak Varna)

Jerman

Sebastian Czimmeck (Rotenburger SV)

Inggris

Joseph Simatupang (Blackburn Rovers)
Joey Pelupessy (Sheffield Wednesday)

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%