Liga Indonesia

3 Kontroversi Pemain PSIM Yogyakarta Hisyam Tolle

Selasa, 22 Oktober 2019 09:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Achmad Hisyam Tolle (kanan) saat membela PSS Sleman bermain melawan PSIM Yogyakarta di Liga 2. Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Achmad Hisyam Tolle (kanan) saat membela PSS Sleman bermain melawan PSIM Yogyakarta di Liga 2. Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Pemain PSIM Yogyakarta, Achmad Hisyam Tolle, ternyata menyimpan sejumlah kontroversi dalam kariernya di sepak bola Indonesia.

Hisyam belum lama melakukan tindakan kurang sportif pada laga pamungkas Liga 2 2019 Grup Timur antara PSIM Yogyakarta vs Persis Solo, Senin (21/10/19), di Stadion Mandala Krida.

Ia melakukan tendangan kungfu kepada pemain Persis Solo, M Shulton Fajar yang memicu kondisi di lapangan kian kurang kondusif sehingga laga harus terhenti pada menit ke-93.

Video aksi tendangan kungfu Hisyam telah tersebar di media sosial dan menjadi perbincangan publik. Mantan pemain PSM Makassar itu terancam sanksi berat dari Komdis PSSI.

Aksi tendangan kungfu bukan kontroversi pertama yang dibuat Hisyam. Ada setidaknya tiga kontroversi lain yang pernah ia buat selama menjadi pemain sepak bola profesional.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga kontroversi yang pernah dibuat pemain PSIM Yogyakarta, Hisyam Tolle.

Perkelahian dengan Rekan Tim

Hisyam Tolle pernah terlibat perkelahian saat membela Persebaya Surabaya (sekarang Bhayangkara FC) pada musim 2014. Akan tetapi, ia berkelahi justru dengan rekan setimnya sendiri.

Hisyam berselisih dengan Alfin Tuasalamony dan Manahati Lestusen saat menjalani gim internal melawan Persebaya U-21 di Lapangan Brigif 1, Gedangan, Sidoarjo.

Kejadian tersebut bermula saat Alfin dan Hisyam terlibat benturan. Saat keduanya bersitegang, Manahati yang merupakan teman akrab Alfin ikut terpancing emosinya.

Akibat insiden perkelahian tersebut, pelatih Rahmad Darmawan memberikan peringatan dan sanksi terhadap Hisyam, Alfin, dan Manahati.

Dilepas Akibat Emosional

Hisyam Tolle pernah dicoret PSS Sleman pada putaran kedua Liga 2 2018 Grup Timur. Ia diputus kontraknya bersama lima pemain lainnya.

Keputusan tersebut sempat mengejutkan suporter PSS Sleman karena Hisyam selalu menjadi pilihan utama di barisan pertahanan bahkan berstatus kapten tim.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, membeberkan salah satu alasan pencoretan Hisyam karena masalah sikap sang pemain yang kerap meledak-ledak.

“Untuk Tolle, seperti yang saya bilang tadi. Selain teknik, kita juga lihat psikis, sisi emosionalnya dan pertimbangan-pertimbangan lainnya,” ungkap Seto pada Agustus 2018 silam.

Adu Mulut dengan Pemain Lawan

Hisyam Tolle yang memperkuat Borneo FC pernah beradu mulut dengan pemain PSM Makassar, Guy Junior, pada kompetisi Liga 1 2018.

Ia melakukan tekel keras dan justru memasang muka menantang kepada Guy Junior. Peristiwa tersebut bahkan diunggah melalui media sosial oleh Robert Alberts yang kala itu masih melatih PSM Makassar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Robert Rene Alberts (@robertrenealberts) on

Hisyam Tolle tampak tak merasa bersalah setelah menekel Guy Junior padahal ia merupakan orang asli Makassar dan pernah membela Juku Eja.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%