Bola Internasional

Pelatih Timnas Thailand Sindir Rendahnya Kualitas Sepak Bola ASEAN

Selasa, 22 Oktober 2019 19:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino (kiri), menyindir rendahnya kualitas sepak bola Asia Tenggara saat ini. Copyright: © Getty Images
Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino (kiri), menyindir rendahnya kualitas sepak bola Asia Tenggara saat ini.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, menyindir rendahnya kualitas sepak bola Asia Tenggara saat ini. Pria asal Jepang itu menyebutkan bahwa urusan stamina dan ketahanan menjadi salah satu faktor yang sangat terlihat.

“Sebagaimana yang saya lihat, di beberapa negara (ASEAN) yang memiliki level sepak bola sangat rendah, pertandingan ‘sebenarnya’ hanya berlangsung 60 menit. Mereka akan melakukan segala cara untuk meraup hasil positif,” ucap Nishino dilansir dari FOX Sports.

Nishino sendiri mengambil satu contoh saat Thailand menghadapi Vietnam di laga perdana grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan skor kacamata, Nishino berharap anak asuhnya bisa mencetak gol di sisa waktu pertandingan.

Namun, pada menit ke-86, Chanathip Songkrasin melanggar bek Vietnam, Bui Tien Dung. Nama terakhir kemudian terkapar dengan waktu yang cukup lama. Nishino merasa bahwa durasi perawatan pemain Vietnam itu cukup lama dan tidak wajar.

“Kejadian itu ada di depan mata. Saya pikir, para pemain Vietnam sengaja cedera untuk mengulur waktu pertandingan. Saat itu, saya hanya bisa mengumpat dalam Bahasa Jepang dan menyuruh pemain lawan (Tien Dung) segera melanjutkan permainan,” lanjut Nishino.

Alhasil, kesempatan Thailand untuk mencetak gol sirna hingga laga itu berakhir dengan skor 0-0. Pelatih yang membawa Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 itu menegaskan bahwa negara sepak bola berkembang harus banyak berbenah.

“Di sini, saya tidak paham kenapa mereka bisa melakukan ini. Sepak bola di sini (ASEAN) tidak akan pernah berkembang jika ini dibiarkan. Tindakan tidak profesional itu harus dibuang jauh-jauh,” ujar Nishino.

Akira Nishino sendiri membawa Thailand duduk di posisi puncak grup G dengan tujuh poin dari empat laga. Pada laga sebelumnya, Negeri Gajah Putih secara impresif menumbangkan Uni Emirat Arab dengan skor 2-1 dalam laga tandang (15/10/19).