In-depth

Analisis Taktik Galatasaray vs Real Madrid: Keberanian Seorang Zidane

Rabu, 23 Oktober 2019 07:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Quality Sport Images/GettyImages
Analisis Taktik Galatasaray vs Real Madrid: Keberanian Seorang Zidane Copyright: © Quality Sport Images/GettyImages
Analisis Taktik Galatasaray vs Real Madrid: Keberanian Seorang Zidane

INDOSPORT.COM - Real Madrid akhirnya berhasil kembali menang atas Galatasaray di pekan ke-3 Grup A Liga Champions 2019-2020, Rabu (23/10/19) dini hari tadi dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Turk Telekom Stadium, Rabu (23/10/19) dini hari WIB, laga berjalan sangat tegang. Real Madrid berusaha menembus pertahanan dan menyarangkan bola ke gawang lawan, namun kebanyakan berujung kegagalan.

Tim asuhan Zinedine Zidane bahkan hampir kebobolan saat laga baru berjalan 10 menit. Florin Andone hampir mencetak keunggulan untuk Galatasaray, sialnya, sepakannya berhasil ditepis oleh Thibaut Courtois.

Hingga menit ke-18, akhirnya gol yang ditunggu Real Madrid tiba saat Toni Kroos sukses melepaskan sepakan keras meneruskan umpan dari Eden Hazard di dalam kotak penalti.

Babak pertama Galatasaray mencoba untuk beberapa kali menekan Real Madrid guna mencari gol penyama kedudukan. Tapi hingga babak pertama berakhir, Courtois masih belum kebobolan.

Begitu juga sepanjang jalannya babak kedua, Real Madrid bermain cukup solid, di lini tengah dan lini pertahanan. Meski mereka memang kurang mampu menguasai bola, dengan perbandingan possession 55% untuk Galatasaray dan 45% untuk tim asuhan Zinedine Zidane.

Jika melihat starting line-up yang dipilih oleh Zidane sejak awal pertandingan, Real Madrid mengawali laga penting dini hari tadi dengan lini tengah yang diisi oleh Casemiro, Federico Valverde dan Toni Kroos.

Sementara di lini depan, ada sedikit kejutan dengan memasang winger berusia 18 tahun, Rodrygo di sisi kanan bersamaan dengan Karim Benzema di tengah dan Eden Hazard di kiri.

Zidane Percaya Rodrygo, Bale Cabut?

Sebelum Rodrygo dimainkan sebagai starter sebagai winger kanan dini hari tadi, Zidane diketahui secara bergantian memasang Vinicius Jr dan Gareth Bale. Tapi kedua nama tersebut akhir-akhir ini dinilai mengecewakan.

Oleh karena itu pemilihan Rodrygo sejak menit pertama merupakan salah satu taktik yang tak masuk akal dari Zidane. Memberikan debut kepada bocah muda asal Brasil di laga penting seperti dini hari tadi, tentu mengisyaratkan sesuatu.

Ya, Rodrygo yang bisa dibilang bersinar di laga debutnya tadi, dengan melepas 2 shots, 3 dari 5 dribbles yang sukses dan juga mencatat 2 tackles sukses membuat posisi Gareth Bale dan Vinicius Jr tentu terancam.

Federico Valverde di Lini Tengah

Kejutan lainnya dari pilihan Zidane adalah Federico Valverde yang dimainkan sebagai starter di lini tengah, mengisi kekosongan yang ditinggalkan Luka Modric karena cedera.

Bersama Casemiro dan Toni Kroos yang mencetak gol kemenangan, Valverde dinilai mampu tampil konsisten dengan beberapa catatan yang membuat Zidane berpikir sang gelandang patut dipertahankan.

Ya, menurut whoscored, Valverde melepaskan 3 shots, hanya beda tipis dari Hazard dan bahkan menyamai Kroos, serta pass success sebesar 80%. Dia juga tercatat mampu memenangi duel udara sebanyak 4 kali, yang membuat lini pertahanan Los Blancos cukup aman.

Dari statistik unggul dalam duel udara, Valverde pun menjadi salah satu aktor saat Real Madrid berhasil mencatat kemenangan sekaligus clean sheet di laga Liga Champions dini hari tadi.

Thibaut Courtois Membaik

Dari pertandingan Galatasaray vs Real Madrid tadi, kita juga bisa melihat bahwa Courtois terlihat membaik dari beberapa laga sebelumnya. Bahkan dia mencatat nilai sebesar 7,5 menurut whoscored.

Clean sheet yang baru saja kembali dicatat Real Madrid setelah tiga laga terakhir selalu kebobolan, tentu ada peran besar dari Courtois.

Bagaimana tidak, kiper Timnas Belgia itu berhasil mencatat sebanyak 3 saves. Yang paling diingat adalah saat dia mementahkan peluang Galatasaray di awal laga, membuat Real Madrid tak kebobolan lebih dulu.

Beberapa taktik tak masuk akal Zidane, yang memilih Rodrygo di winger kanan dan Federico Valverde di lini tengah, berujung pada penampilan kompak Real Madrid secara keseluruhan tim.

Kemenangan ini pun sangat penting untuk Real Madrid, karena ini yang pertama untuk mereka dalam 3 pertandingan perdana Grup A Liga Champions 2019-2020.