Liga Indonesia

Jadi yang Terpopuler di Instagram Asia, Persib dan Persija Disorot Media Asing

Rabu, 23 Oktober 2019 21:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung dan Persija Jakarta, yang masuk dalam tiga besar klub Asia terpopuler di media sosial Instagram, menjadi sorotan media asing. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung dan Persija Jakarta, yang masuk dalam tiga besar klub Asia terpopuler di media sosial Instagram, menjadi sorotan media asing.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta dan Persib Bandung masuk dalam tiga besar klub Asia terpopuler di media sosial Instagram. Banyaknya jumlah pendukung kedua tim Shopee Liga 1 2019 itu mendapatkan sorotan dari media asal Amerika Serikat, FOX Sports.

Berdasarkan data yang disorot FOX Sports dari DeporFinanzas, Persija menduduki peringkat pertama dengan 12,3 juta total interaksi pada September 2019. Tim asuhan Edson Tavares ini tetap menjadi daya tarik meski musim ini menunjukkan prestasi yang kurang memuaskan.

Tim Macan Kemayoran kemudian mengungguli klub Iran, Persepolis, di tempat kedua dengan 11,5 juta total interaksi. Persepolis juga bukanlah klub pemuncak klasemen di Iran. Saat ini, mereka berada di posisi keenam klasemen Liga Pro Iran 2019/20.

Selanjutnya, Persib berada di tempat ketiga dengan 9,43 juta total interaksi. Tim Maung Bandung sendiri pernah mencatatkan data yang lebih besar dari pada ini. Pada Oktober 2018, Persib memuncaki daftar ini dengan 12,6 juta total interaksi.

Tak hanya itu, Persebaya Surabaya dan Bali United masuk dalam daftar sepuluh besar. Tim Bajul Ijo berada di posisi kelima dengan 8,64 juta total interaksi. Sedangkan, Bali United bercokol di urutan ketujuh dengan 4,31 juta total interaksi.

Sisanya, daftar ini dihuni oleh Mumbai Indians (peringkat empat; 9,02 juta), Esteghlal Iran (peringkat enam; 4,39 juta), Al Hilal FC (peringkat delapan; 3,58 juta), Kerala Blasters (peringkat sembilan; 3,15 juta), dan Chennai Super Kings (peringkat sepuluh; 3,07 juta).

Dengan data ini, Indonesia semakin menahbiskan diri sebagai negara dengan suporter terbanyak dan paling aktif. Untuk masa yang akan datang, publik sepak bola Indonesia tentu berharap bahwa jumlah engagement ini dibarengi dengan prestasi di kancah Asia.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%